In-depth

Termasuk Alexis dan Mkhitaryan, Berikut 3 Transfer Tukar Guling Pemain di Bursa Transfer

  • Asenal dan Manchester United selangkah lagi akan melakukan proses transfer dengan sistem tukar guling pemain, yakni Alexis Sanchez dengan Henrikh Mkhitarya.
  • Rupanya transfer dengan sistem tersebut bukan kali ini saja terjadi. Siapa saja kah pemain-pemain yang pernah merasakan ditukar guling oleh klub? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya.
Jumat, 19 Januari 2018 18:34 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Henrikh Mkhitaryan dan Alexis Sanchez. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Henrikh Mkhitaryan dan Alexis Sanchez.

Hanya tinggal menunggu waktu hitungan jam, proses kepindahan Alexis Sanchez ke Manchester United akan segera dirampungkan.

Menurut laporan The Telegraph, bintang asal Chile itu disebut menerima kontrak berdurasi empat setengah tahun, dengan gaji mencapai 14 juta pounds setara Rp259 miliar per tahunnya, yang sekaligus menjadikannya sebagai pemain dengan bayaran termahal di klub.

Akan tetapi, saga transfer tersebut rupanya tak berjalan mulus dan harus menemui hambatan, lantaran Arsenal menginginkan tukar guling pemain, dengan winger United, Henrikh Mkhitaryan.

© INDOSPORT
Henrikh Mkhitaryan, gelandang serang Man United. Copyright: INDOSPORTHenrikh Mkhitaryan, gelandang serang Man United.

Beberapa media ternama Inggris melaporkan kalau transfer Alexis harusnya sudah selesai pada Jumat (19/01/18), jika pemain asal Armenia itu langsung menyetujui pindah ke Emirates Stadium.

Namun, meski harus dilakukan negosiasi yang cukup alot, akhirnya kedua belah pihak telah mencapai kata sepakat untuk segera mewujudkan transfer ini, dengan sistem tukar guling pemain. Kepastian itu juga telah dikonfirmasi oleh Arsene Wenger.

"Saya telah berurusan dengan transfer selama 30 tahun, jadi ini mungkin terjadi. Tapi segala sesuatunya bisa kandas kapan saja. Memang begitulah situasi bursa transfer," ucap Wenger perihal kans kepindahan Sanchez.

"Selama belum ada hitam di atas putih, Anda harus menerima bahwa ini juga mungkin saja tidak terjadi. Sekarang soal ini akan terjadi atau tidak, akan ditentukan dalam 24 sampai 48 jam ke depan," tambahnya.

© INDOSPORT
Manajer Arsenal, Arsene Wenger. Copyright: INDOSPORTManajer Arsenal, Arsene Wenger.

Tentang kabar Mkhitaryan bakal menjadi bagian dalam deal, Wenger menyatakan "Gajinya tidak akan menjadi masalah. Dengar, ini akan menjadi pertukaran pemain dan saya pikir satu pemain bakal mengganti pemain yang lainnya. Apakah kami masih di bursa transfer setelah itu? Ya."

Rupanya proses transfer dengan sistem tukar guling pemain dibursa transfer, bukan kali ini saja terjadi. Sudah banyak klub yang telah melakukannya. Berikut INDOSPORT coba merangkumnya: