Liga Indonesia

Legenda PSMS Medan Beri Bocoran Strategi untuk Kalahkan Persib

Jumat, 19 Januari 2018 13:57 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
PSMS Medan vs PSM Makassar di Piala Presiden 2018. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
PSMS Medan vs PSM Makassar di Piala Presiden 2018.

PSMS Medan bakal melakoni laga berat pada lanjutan turnamen Piala Presiden 2018 Grup A menghadapi tuan rumah Persib Bandung, Minggu (21/1/2018) nanti. Publik pencinta sepakbola di Medan pun berharap laga nanti bisa dimenangkan oleh PSMS dan harapan itu juga datang dari salah satu legenda PSMS, Bambang Usmanto.

Mantan gelandang PSMS Medan di era 1983-1985, tersebut pernah merasakan atmosfer persaingan yang begitu kental kala menghadapi Persib Bandung di partai final sepakbola Perserikatan tahun 1985. Laga yang dihadiri 150 ribu penonton itu dimenangkan klub berjuluk Ayam Kinantan tersebut sekaligus menasbihkan mereka menjadi kampiun.

Agar bisa mengulang kemenangan seperti masa lalu, Bambang pun menitip pesan kepada para pemain. Ia yang paham kekuatan Persib di masa lalu memberikan bocoran gaya main yang dapat diterapkan di laga melawan Maung Bandung.

"Legimin Raharjo dkk harus memadukan permainan keras dan melakukan pressing sepanjang jalannya pertandingan dengan teknik. Pressing dibarengi permainan keras dengan tackling yang tepat merupakan ciri khas permainan PSMS Medan sejak dulu yang dikenal dengan istilah pemainan rap rap," ujarnya, Jumat (19/1/2018).

© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Legenda PSMS Medan, Bambang Usmanto. Copyright: Kesuma Ramadhan/INDOSPORTLegenda PSMS Medan, Bambang Usmanto.

Masih menurut Bambang, Persib Bandung merupakan lawan berat yang punya kekuatan merata, sehingga hampir tak ada kelemahannya. Oleh karena itu PSMS Medan harus mampu menampilkan strategi yang tepat. Namun, tak cukup dengan menampilkan gaya permainan seperti itu, Legimin Raharjo dkk juga harus menampilkan teknik permainan tinggi. 

“Jadi tidak bisa dengan hanya mengandalkan permainan keras saja, harus ada tehniknya juga,” tambah Bambang. 

“Pertandingan ini mengingatkan kembali kepada final sepakbola Perserikatan ketika PSMS berhadapan dengan Persib." sambungnya. 

Bambang juga mengapresiasi keberhasilan PSMS Medan mengalahkan tim kuat PSM Makassar 2-1. Menurutnya, PSMS Medan menunjukkan semangat juang luar biasa di pertandingan pertama melawan Juku Eja.

“Tak hanya menang dan menampilkan permainan yang cukup baik, pemain PSMS juga menampilkan semangat juang yang tinggi," sebutnya. 

© Arif Rahman/INDOSPORT
PSMS Medan vs PSM Makassar di Piala Presiden 2018. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPSMS Medan vs PSM Makassar di Piala Presiden 2018.

Paluang PSMS untuk memenangkan pertandingan melawan Persib terbuka lebar. Namun, melihat materi pemain Persib Bandung yang sangat berkualitas,  hasil imbang saja menurut Bambang sudah merupakan sebuah prestasi menggembirakan. 

“Apalagi mereka bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Kemungkinan untuk menang tetap ada, tapi bisa draw juga sudah bagus,” tutupnya.
 

6