Liga Inggris

Data dan Fakta Stadion Elland Road, Markas Timnas Inggris Sebelum Berlaga di Piala Dunia 2018

Jumat, 19 Januari 2018 20:53 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Sebagai negara sepakbola, Inggris memiliki banyak stadion-stadion sepakbola yang mumpuni. Stadion sepakbola modern dan canggih menjadi pemandangan yang lumrah ditemui di kota-kota besar di Inggris. 

Sebut saja markas Setan Merah Manchester United Old Trafford. Selain mampu menampung hingga 74.000 lebih penonton, stadion ini juga dilengkapi dengan rumput dan fasilitas kelas wahid yang bisa memanjakan penonton yang datang. 

Di London, terdapat tiga stadion megah yaitu London Stadium, Emirates Stadium, dan Stamford Bridge. 

Namun, kemegahan stadion-stadion di atas tidak membuat Timnas Inggris melirik stadion-stadion tersebut untuk digunakan sebagai kandang dalam laga uji coba menjelang Piala Dunia 2018. Timnas Inggris justru memilih Stadion Elland Road sebagai venue untuk menggelar laga 'pemanasan' terakhir mereka sebelum menghadapi lawan-lawannya di Rusia. 

Padahal, Timnas Inggris memiliki sebuah stadion nasional yang sudah dikenal seantero dunia yaitu Stadion Wembley. Dan Timnas Inggris justru lebih memilih menggelar laga terakhir sebelum Piala Dunia bukan di stadion nasional. Melainkan akan menggelar laga terakhir tersebut di stadion markas klub kasta kedua Liga Inggris, Leeds United. 

© Istimewa
Tampilan dalam Stadion Elland Road markas Leeds United. Copyright: IstimewaTampilan dalam Stadion Elland Road markas Leeds United.

Keputusan ini disambut baik pihak Leeds United. Melalui Managing Directornya Angus Kinnear Leeds United menyampaikan rasa terima kasihnya. "Sebuah kehormatan bisa menjamu Tim Nasional di rumah kami sebelum mereka berangkat ke Rusia untuk berlaga di Piala Dunia," ujar Angus Kinnear dinukil dari laman resmi klub. 

Apa sebenarnya yang membuat Timnas Inggris memilih Stadion Elland Road? Berikut ini INDOSPORT telah merangkum data dan fakta Stadion Elland Road. 

1