Liga Indonesia

Timnas U-23 Kemungkinan Batal Jalani Test Event Dalam Waktu Dekat

Jumat, 19 Januari 2018 15:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Zulfiandi (kiri) melewati M Nur Hardianto dalam latihan Timnas U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Zulfiandi (kiri) melewati M Nur Hardianto dalam latihan Timnas U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta.

Gelaran test event Asian Games 2018 cabang olahraga sepakbola kemungkinan besar akan mundur. Hal itu diungkapkan oleh wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono, lantaran negara yang diundang belum memberikan jawaban.

Menurut Jokdri, sejauh ini baru ada tiga negara termasuk Indonesia yang menyatakan siap ikut test event. Jumlah ini belum memenuhi syarat, karena minimal harus ada empat negara yang terlibat. Untuk itu, PSSI bersama Insagoc (panitia lokal Asian Games) berharap pada pekan depan sudah ada jawaban pasti. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Septian David Maulana mencoba melewati Rachmat Irianto. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSeptian David Maulana mencoba melewati Rachmat Irianto.

"Pesertanya kita tunggu terakhir minggu depan, biar prepare venue dan ke Inasgoc, KOI, dan kemudian untuk konfirm pemakaian GBK," tuturnya. 

Sejatinya test event sepakbola berbarengan dengan beberapa cabang olahraga lain dan dijadwalkan berlangsung pada 18-23 Februari. Namun, hal itu sepertinya sulit terlaksana. Karenanya PSSI berharap ada kelonggaran sehingga bisa mempersiapkan segala sesuatu dari sisi teknis dan non teknis di lapangan.

"Jika mundur dari 18 Februari maka kita mungkin bisa dapat lawan dan kita bisa buat prepare small tournamen. Namun, kalau dipaksakan sesuai jadwal awal maka tidak ideal," ucap Jokdri.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Waketum PSSI, Joko Driyono. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWaketum PSSI, Joko Driyono.

"Sebenarnya test event ini menjadi sangat penting karena bukan uji kekuatan timnya tapi pada soal panpel, IT, fasilitas penunjang, venue, administrasinya dan lainnya," tutupnya. 

Dengan mundurnya jadwal test event tersebut, maka dipastikan Timnas Indonesia U-23 tidak akan bertanding dalam waktu dekat. Sebagai gantinya tim melatih telah menyiapkan program untuk melakukan pemusatan latihan pada Februari mendatang.