Liga Indonesia

Pencahayaan di Bawah Standar, GBT Siap Jadi Markas Persebaya Musim Ini

Sabtu, 20 Januari 2018 19:00 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Persebaya akhirnya bisa bernafas lega usai dipastikan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai markas mereka di kompetisi Liga 1 nanti. Hal tersebut telah dipastikan hasil verifikasi faktual pihak PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Jumat (19/1) malam lalu.

Meski ditanyakan lolos verifikasi, nyatanya stadion yang mampu menampung 50.000 penonton tersebut menyisakan sejumlah catatan perbaikan di beberapa bagian, terutama dari segi pencahayaan stadion yang dinilai masih dibawah standar AFC. 

© Twitter@Official Persebaya
Persebaya vs PS TNI Copyright: Twitter@Official PersebayaPersebaya vs PS TNI di Stadion Gelora Bung Tomo

"Standar minimal pencahayaan lampu stadion di lapangan menurut AFC adalah 1.200  LUX," kata Somad selaku Staf Kompetisi, dikutip dari laman resmi milik Persebaya Surabaya, setelah melakukan verifikasi stadion tersebut.

"Jadi, kalau pencahayaan lampu stadion harus memenuhi standar, maka pihak pengelola stadion harus memperbaiki kualitas lampu. Tapi, bisa jadi juga karena pengaturan pencahayaan dari atas ke lapangan yang sudah lama tidak diset ulang," timpalnya. 

© stadionesia.blogspot
Stadion Gelora Bung Tomo. Copyright: stadionesia.blogspotStadion Gelora Bung Tomo.

Persebaya memang sebelumnya sempat mengalami banyak kesukaran jelang jalani musim baru mereka. Hubungan klub berjuluk Bajul Ijo sendiri dengan pemerintah kota Surabaya saat ini kurang baik. Terlebih lagi dengan polemik sewa Stadion Gelora Bung Tomo yang sempat menemui titik temu.

Persebaya sendiri kini tengah menjalani rangkaian laga Piala Presiden 2018, yang menjadi persiapan mereka untuk mengarungi rangkaian laga Liga 1 musim 2018 ini. Polemik tempat latihan pun masih sempat dihadapi yang akhirnya memaksa mereka untuk melakoni latihan perdana di Lapangan Polda Jawa Timur pekan lalu

76