In-depth

Termasuk Ridwan Kamil, Ini Klub-klub Favorit dari Calon Kepala Daerah

Sabtu, 20 Januari 2018 19:23 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Ridwan Kamil. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Ridwan Kamil.

Tahun 2018 ini menjadi tahun yang cukup panas bagi kondisi politik di Indonesia, sebab tak lama lagi akan dilangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Juni 2018 mendatang.

Ditengah kesibukannya dalam mepersiapkan kampanye, rupanya sosok dari calon-calon kepala daerah yang maju di Pilkada tahun ini, sebagiannya mempunyai sisi unik, yakni penggila sepakbola. Salah satunya adalah Ridwan Kamil. Calon dari Gubernur Jawa Barat yang diusung oleh partai PPP, PKB, Nasdem dan Hanura ini dikenal sebagai sosok yang dekat dengan sepakbola. 

Dirinya kerap hadir ke stadion saat Persib Bandung bertanding. Selain Maung Bandung, rupanya pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga mempunyai klub favorit di luar negeri.

Adalah Liverpool yang dipilihnya. Emil yang aktif di media sosial, acap kali mengeluarkan cuitan atau unggahan foto dirinya dengan atribut The Reds. Selain itu, ia juga sering memposting sindiran-sindiran satir dan kocak tiap kali Liverpool menang atas lawannya di salah satu laga besar.

© ataliapraratya.com
Atalia Praratya kerap menemani Ridwan Kamil saat mendukung Persib Bandung. Copyright: ataliapraratya.comAtalia Praratya kerap menemani Ridwan Kamil saat mendukung Persib Bandung.

Contohnya adalah ketika tim besutan Jurgen Klopp itu menang secara dramatis, di laga pembuka Liga Primer Inggris musim 2016/17, kontra Arsenal. Kala itu, Liverpool menang dengan skor akhir 4-3.

Melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil, Walikota Bandung itu memposting sebuah foto yang tengah mengenakan kaos berwarna merah dengan logo Liverpool, sambil membawa gitar. Pria berusia 44 tahun itu pun langsung ‘mengejek’ Eddi Brokoli yang dikenal sebagai fans fanatik Arsenal dengan nyanyian ‘In Klopp We Trust’.

Rupanya tak hanya Ridwan Kamil, beberapa calon kepala daerah ini juga memiliki jiwa penggila sepakbola, dan mempunyai klub favoritnya. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:

483