Liga Indonesia

Ini Alasan PS TNI Pindah Homebase ke Bantul

Minggu, 21 Januari 2018 08:19 WIB
Kontributor: Prima | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

Ternyata ada nilai historis dibalik pemilihan Stadion Sultan Agung Bantul sebagai homebase baru PS TNI. Adalah perjuangan Jenderal Soedirman beserta pasukan gerilyanya yang jadi salah satu pertimbangan.

Disebutkan dalam sejarah, Jenderal Soedirman memimpin pasukannya dari Yogyakarta hingga wilayah Jawa Timur
pada masa penjajahan Belanda. Bantul adalah kabupaten di Yogyakarta yang pernah menjadi salah satu tempat yang dilewati  Jenderal Besar tersebut beserta pasukan gerilyannya saat berjuang melawan penjajah.

Hal itu diungkapkan oleh pembina PS TNI, Letjen Dodik Widjanarko. Dia menyebut Yogyakarta dan Bantul menjadi awal mula lahirnya tentara di Indonesia.

"Yogyakarta menjadi tempat cikal bakal terbentuknya TNI. Dulu Panglima Besar Jenderal Soedirman berperang gerilya juga melewati Bantul," ungkapnya.

Tak hanya itu, Dodik menyebut status Yogyakarta sebagai daerah istimewa juga menjadi pertimbangan. Menurutnya pantas jika ada tim dari kasta tertinggi bermarkas di daerah tersebut.

© intelejen.co.id
Dodik Widjanarko (kiri) Copyright: intelejen.co.idDodik Widjanarko (kiri)

"Yogyakarta adalah daerah dengan status istimewa, jadi sudah selayaknya ada tim sepak bola dari Liga 1 yang bermarkas disini. Karena akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Bantul," lanjutnya.

"Yang pasti kami sudah berkonsultasi dengan sejumlah pihak sebelum menyepakati menjadikan Stadion Sultan Agung sebagai homebase baru PS TNI," tutupnya.

Selama bermarkas di Bantul nanti, PS TNI akan menggunakan nama PS TIRA (Tentara Rakyat) Bantul. Rencananya setelah Piala Presiden ini tim akan dibawa kesana.

2