Liga Indonesia

Brace Samsul Arif Bawa Barito Unggul di Babak Pertama

Senin, 22 Januari 2018 16:22 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Twitter@IndosiarID
Martapura FC vs Barito Putera Copyright: © Twitter@IndosiarID
Martapura FC vs Barito Putera

Barito Putera memulai kick off babak pertama dan langsung mencoba membuka pertahanan Martapura. Patrick Daniel langsung mengancam gawang namun umpan cutback-nya masih bisa diamankan penjaga gawang Martapura. Memasuki menit ke-2 Barito langsung mencetak gol. 

Adalah Samsul Arif yang berhasil mencatatkan gol pertamanya bagi Barito Putera di pertandingan resmi. Memanfaatkan lemparan ke dalam yang diambil Aaron Evans, Samsul Arif menyundul bola dari sudut sempit ke tiang dekat gawang Martapura. Juni tak berhasil menahan bola tersebut dan membuat Barito unggul 1-0. 

Martapura juga tak tinggal diam, semenit berselang memanfaatkan sepak pojok Martapura hampir saja menyamakan kedudukan namun Dian Agus Prasetyo lebih sigap dan mengamankan bola yang hampir disundul masuk ke gawang. Menit ke-8 Rizky Pora nyaris menambah keunggulan bagi Barito sayang tendangannya masih melebar. 

Keunggulan Barito tak bertahan lama, pada menit ke-12 Bissa Donald berhasil mencetak gol penyama kedudukan. Sebuah umpan dari lini belakang Martapura ke arah pertahanan Barito salah diantisipasi penjaga gawang Dian Agus Prasetyo yang keluar dari sarangnya. Bola berhasil direbut Bissa Donald yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang telah kosong. 

Kedua tim terus berusaha saling menyerang usai gol dari Martapura. Rizky Pora melepaskan tendangan keras di menit ke-17, namun sayang tendangannya masih melambung tinggi di atas gawang. Samsul Arif juga tak ketinggalan kembali mengancam gawang Martapura, namun upayanya belum membuahkan hasil. 

Barito mendapat peluang emas dari tendangan bebas di menit ke-28. Tendangan bebas tersebut berjarak hanya sedikit di luar kotak penalti. Douglas Packer yang mengeksekusi belum mampu menemui sasaran. Tendangannya melambung di atas gawang Martapura FC. 

Usai water break giliran Martapura FC yang lebih banyak mengancam gawang Barito Putera. Dalam kurun waktu tiga menit, Martapura mendapat tiga kali tendangan pokok beruntun, namun ketiganya belum bisa membuahkan hasil. Martapura membuat peluang emas di menit-42, lewat serangan balik cepat Bissa Donald lolos dari jebakan offside dan mengirimkan umpan matang ke kotak penalti. Namun bola itu gagal ditendang dengan sempurna oleh Qischil Mini Gandrum yang terlalu cepat bergerak menyongsong bola. 

Setelah berhasil keluar dari kurungan para pemain Martapura, Barito akhirnya berhasil mencetak gol kedua. Samsul Arif memanfaatkan kemelut di depan gawang Martapura dan melepaskan tendangan dari jarak sangat dekat yang tak bisa diantisipasi oleh penjaga gawang. Tak lama setelah gol tersebut, pertandingan babak pertama berakhir. Skor sementara 2-1 untuk keunggulan Barito Putera. 

Berikut ini susunan pemain kedua tim. 

Martapura FC

Juni, Idul, M.Arozi, M.Taufan, Obet, Amirul, Julkarnain, Kossonou, Bissa, Faris, Qischil. 

Barito Putera

Dian, Evans, Dandi, M.Rifqi, Nazar, Rony, Douglas, Cordoba, Pora, Patrick, Samsul. 

15