Liga Indonesia

Cucu Habibie Bermain di Klub Serie C Italia?

Senin, 22 Januari 2018 07:01 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Kabar terbaru datang dari pemain muda Indonesia yang menimba ilmu ke negeri orang. Kali ini, datang dari Rafid Habibie, yang sedang menimba ilmu dari salah satu akademik tersohor di negara yang berjuluk Negeri Pizza.

Melihat nama belakangnya, Rafid Habibie, memang merupakan cucu kandung dari Presiden RI Ketiga, BJ Habibie. Dirinya saat ini memang tengah mengikuti program pengembangan pemain muda di akademik bernama Italian Soccer Management Academy (ISMA).

ISMA merupakan salah satu akademik yang dikabarkan telah mengorbitkan beberapa pemain yang cukup tenar di ranah sepakbola Italia. Nama-nama seperti Andrea Ranocchia, Marco Storari bahkan Gennaro Gattusso kabarnya merupakan lulusan dari akademik yang berbasis di Perugia itu.

ISMA memang menjalin kerja sama dengan beberapa klub yang bermain di Serie A Italia. Di antaranya adalah Udinese, Sampdoria, Genoa, Napoli bahkan Juventus juga pernah mengirimkan pemandu bakatnya ke akademik ini. Belum lama, akademik tempat Rafid mengenyam pendidikan sepakbola itu, menjalin kerja sama dengan salah satu klub Serie C, Santarcangelo Calcio.

Menurut foto unggahan dari ISMA di akun resmi Instagram mereka, Rafid Habibie beserta pemain kelahiran Indonesia lainnya, Excel Favour Yosafat Tomboelu juga berkesempatan bermain bersama tim Serie C tersebut. Belum diketahui apakah momen ini akan berujung dengan penandatanganan pra kontrak dengan Santarcangelo Calcio atau tidak. 

© soccertalentidentification.com
Muhammad Rafid Habibie di ISMA Copyright: soccertalentidentification.comMuhammad Rafid Habibie saat latihan di ISMA

Yang pasti, meski bermain dengan klub Serie C Italia, pengalaman bermain di negeri orang untuk Rafid dan Excel sangat berharga untuk perkembangan sepakbola. Kita doakan saja yang terbaik untuk para pemuda Indonesia yang mencoba peruntungan di ISMA agar dapat segera mendapat kesempatan bermain di klub-klub profesional Italia.

115