Liga Champions

Gabung Man United, Dapatkah Sanchez Tampil di Liga Champions 2017/18?

  • Alexis Sanchez telah resmi bergabung ke Man United.
  • Ia tetap bisa tampil di Liga Champions 2017/18 membela Man United meskipun sebelumnya tampil di Liga Europa 2017/18 bersama Arsenal.
Selasa, 23 Januari 2018 04:57 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Twitter Man United
Alexis Sanchez resmi ke Man United. Copyright: © Twitter Man United
Alexis Sanchez resmi ke Man United.

Alexis Sanchez resmi meninggalkan konstestan Liga Europa 2017/18, Arsenal, menuju klub konstestan Liga Champions 2017/18, Man United, dengan durasi kontrak empat setengah tahun. Apakah hal ini membuat Sanchez tak dapat membela Setan Merah di kompetisi tertinggi bagi klub di Benua Eropa tersebut?

Tampaknya hal tersebut tak perlu dicemaskan oleh Man United karena Jose Mourinho tetap bisa menyertakan pemain asal Chile tersebut ke Liga Champions musim ini yang sudah memasuki babak 16 besar.

© Man United
Alexis Sanchez resmi ke Man United. Copyright: Man UnitedAlexis Sanchez resmi ke Man United.

Dalam regulasi UEFA soal kompetsi Liga Champions menyebutkan bahwa tidak mengizinkan seorang pemain baru di suatu klub untuk bermain pada klub berbeda di musim dan kompetisi yang sama. Jadi, seorang pemain cuma bisa tampil untuk satu klub di Liga Champions di musim yang sama. Peraturan ini terdapat pada aturan nomor 44.

Hal serupa pun terjadi pada Henrikh Mkhitaryan yang juga baru resmi bergabung ke Arsenal, di mana namanya disertakan MU demi mendapatkan Sanchez. Menurut peraturan UEFA di atas, Mkhitaryan tetap bisa turun memperkuat Arsenal di kompetisi Liga Europa musim ini. 

Sekadar informasi, situasi berbeda justru dialami Philipe Coutinho. Pemain asal Brasil itu harus rela absen di sisa Liga Champions musim ini karena klub lamanya, Liverpool dan klub barunya Barcelona, bermain di kompetisi Eropa yang sama di musim ini.

Tentunya, ini akan menjadi sebuah keuntungan bagi Man United karena akan mendapatkan daya gedor baru dengan kedatangan Sanchez. Apalagi, pemain yang akan menyandang nomor punggung 7 ini juga bisa bermain di banyak posisi di lini depan.

Jose Mourinho pun yakin pemain berusia 29 tahun akan menjadi penyerang terbaik di dunia dan membawa dampak positif untuk tim.

 

Kali ini sudah resmi, kok! #alexissanchez #manchesterunited #indosport

Sebuah kiriman dibagikan oleh indosport.com (@indosportcom) pada

"Alexis adalah salah satu penyerang terbaik di dunia dan dia akan melengkapi barisan serangan kami yang masih muda dan berbakat. Dia akan membawa ambisi, hasrat, dan kepribadian. Kualitas itu akan membuat para pemain Manchester United menjadi tim yang lebih kuat dan suporter senang dengan dimensi dan prestisius klub ini," kata Mou saat mengomentari kedatangan Sanchez.