Liga Spanyol

3 Alasan Lionel Messi Wajib Bertahan di Barcelona

Rabu, 24 Januari 2018 10:53 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

Meski dapat dikatakan Barcelona bukanlah klub pertama di masa kecil Lionel Messi, namun ia tetap bagian dari akademi klub bernama La Masia.

Ya, Messi pernah enam tahun bermain di klub junior asal Argentina, Newell’s Old Boys dari tahun 1994 hingga tahun 2000. Barulah pada tahun 2001 hingga 2004 ia pindah ke La Masia.

Sejak ia dipromosikan ke tim senior di tahun 2004, hingga saat ini Messi belum pernah pindah klub dan masih setia bermain bagi klub asal Catalan tersebut.

Berbagai gelar pun sudah ia persembahkan, seperti La Liga Spanyol, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Gelar individu atau rekor? Sudah tidak perlu ditanyakan lagi karena memang Messi sudah sangat banyak mendapatkannya.

Saat ini, pemain yang juga akrab dipanggil La Pulga itu telah berusia 30 tahun yang artinya sudah memasuki masa-masa akhir bagi pesepakbola.

© Internet
Selebrasi Lionel Messi. Copyright: InternetSelebrasi Lionel Messi.

Namun bukan berarti, Messi tidak dapat pindah klub apalagi performanya masih belum menurun. Ketajamannya dalam mencetak gol pun masih terbukti dengan baik.

Sebut saja klub-klub seperti, Manchester City, Paris Saint-Germain (PSG), dan beberapa klub di Major League Soccer (MLS), Amerika Serikat atau di Chinese Super League (CSL), China atau klub-klub di Argentina masih bisa menjadi pelabuhan barunya.

Meski Messi masih berpeluang besar untuk pindah ke klub lain, namun tidak ada salahnya jika dirinya tetap bertahan di Barcelona hingga ia pensiun.

Mengapa demikian? Berikut INDOSPORT akan mengulasnya:

527