Bola Internasional

Layaknya Liga Champions, Alunan Orkestra Bakal Iringi Kompetisi UEFA Nations League

Kamis, 25 Januari 2018 07:56 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© UEFA
UEFA Nations League. Copyright: © UEFA
UEFA Nations League.

Sebuah kompetisi sepakbola memang dirasa tak lengkap tanpa kehadiran musik yang akan dijadikan sebagai tema kompetisi. Hal tersebut dimengerti oleh UEFA yang juga telah menyertakan anthem yang menjadi ciri khas dalam kompetisi yang mereka gulirkan, seperti Liga Champions dan Liga Europa.

UEFA yang dengan resmi melakukan drawing grup 55 negara peserta kompetisi UEFA Nations League, juga memamerkan piala resmi dan anthem yang akan digunakan pada perhelatan yang akan bergulir mulai September 2018 hingga gelaran final yang berlangsung pada Juni 2019 mendatang. 

Anthem yang dipilih UEFA sendiri dikomposisikan untuk mencerminkan energi dan dorongan dibalik pencitraan kompetisi ini, sebagai pengakuan bahwa setiap pertandingan yang berlangsung sarat makna dan penting. Anthem ini sendiri nantinya akan digunakan untuk siaran pertandingan di televisi, dan seremonial pertandingan  di lapangan.

© UEFA
Trofi UEFA Nations League. Copyright: UEFATrofi UEFA Nations League.

Sama seperti anthem Liga Champions, anthem UEFA Nations League memiliki komponen musik klasik yang diiringi oleh paduan suara dengan nyanyian berbahasa latin. Tak hanya itu, anthem kebanggaan kompetisi ini akan dicampur dengan musik elektronik untuk menciptakan kesan kontemporer dan eksklusif.

Sekedar informasi, UEFA Nations League akan mengikutsertakan total 55 negara di benua Eropa. Kompetisi ini adalah bentuk nyata dari gagasan yang dibahas dalam UEFA Strategy Meeting di Cyprus pada tahun 2011 lalu. Nantinya format UEFA Nations League akan menentukan tim yang akan berlaga di ajang Piala Eropa 2020.

 

90