Liga Indonesia

Selain Investasi, Agen Siapkan Edukasi untuk Para Pemain

Minggu, 28 Januari 2018 23:31 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Sepakbola profesional memang tidak pernah lepas dari keberadaan pemain asing. Datangnya pilar impor itu pun melihatkan unsur penting lainnya, yaitu agen pemain yang terdaftar secara resmi.

Dari sekian agen pemain, salah satunya adalah Indo Bola Mandiri. Agen pemain asing yang bermarkas di Surabaya, dan sudah puluhan tahun memberi kontribusi pada suksesnya kompetisi sepakbola nasional.

Gabriel Budi Liminto mengatakan, menekuni profesi agen pemain adalah sebuah bisnis yang mengandung unsur utama yakni investasi. Agen ternama di sepakbola Indonesia itu pun menceritakan pengalamannya kepada INDOSPORT selama menekuni profesi tersebut.

"Kita punya piutang. Namanya investasi, ada sukses dan juga gagalnya," paparnya saat berbincang akrab dengan INDOSPORT di Surabaya.

© Instagram@GabrielBudiLiminto
Ilija Spasojevic dan Gabriel Budi Liminto. Copyright: Instagram@GabrielBudiLimintoIlija Spasojevic dan Gabriel Budi Liminto.

"Seperti contoh Sylvano Comvalius (eks striker Bali United), yang datang dengan kualitas dan bisa meraih gelar top skorer Liga 1 tahun lalu. Sedangkan pemain lain yang kurang sukses juga ada," imbuhnya.

Satu investasi terbarunya saat ini adalah Marko Simic, striker kebangsaan Kroasia yang mulai memberi sumbangsih nyata sejak didatangkan ke Persija Jakarta awal tahun ini. Menurutnya, sebelum mendatangkan pemain, ada proses scouting yang harus dilakukan.

© Media Persija
Penyerang asing Persija Jakarta, Marko Simic. Copyright: Media PersijaPenyerang asing Persija Jakarta, Marko Simic.

"Tak hanya Simic, saya mendatangkan pemain dengan melakukan scouting secara teliti sebelumnya," papar pria berusia 30 tahun itu.

Namun, dunia agen pemain tidak selalu berbicara pada uang. Budi pun menjelaskan jika dirinya juga turut menyelipkan unsur edukasi, terutama kepada para pemain lokal potensial yang mayoritas enggan bertatap muka dengan awak media.

© Istimewa
Ryuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand. Copyright: IstimewaRyuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand.

Pada musim ini, setidaknya ada empat nama pemain muda potensial yang menjalin kerja sama dengannya. Mereka adalah Ryuji Utomo, Muchlis Hadi Ning Syaifullah, Satria Tama dan Sidik Simima.

"Seperti Satria dan Sidik, yang saya libatkan dalam project personal sponsorship," beber Budi.

"Mereka harus terbiasa untuk terampil berbicara di depan publik, seperti perkenalan produk sponsor hingga di media sosial," tutupnya. 

658