Liga Indonesia

Pantau Pemain Muda, Ini yang Dilakukan Luis Milla di Bali

Senin, 29 Januari 2018 16:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport/Herry Ibrahim
Aksi Luis Milla melakukan tendangan bola di sela-sela latihan. Copyright: © Indosport/Herry Ibrahim
Aksi Luis Milla melakukan tendangan bola di sela-sela latihan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla secara langsung dilaporkan sudah menyaksikan secara langsung gelaran Piala Presiden 2018. Pria asal Spanyol itu memantau pemain-pemain muda di Bali tepatnya pada pertandingan grup D yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Tak hanya itu, Luis Milla juga tetap memperhatikan pertandingan grup lainnya, terutama pada tim yang berani menurunkan pemain muda. Pelatih 52 tahun itu menyaksikan melalui tayangan live streaming, khusus melihat perkembangan pemain Timnas U-23, ataupun yang punya potensi untuk dipanggil ke pemusatan latihan berikutnya. 

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla beserta tiga asistennya. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Timnas Indonesia, Luis Milla beserta tiga asistennya akan menyaksikan langsung Piala Presiden untuk memantau pemain potensial.

"Luis Milla sudah nonton langsung pertandingan yang di Bali. Tiap hari juga beliau nonton via streamingh yang dikasih linknya sama saya. Sekalian update jadwal sama line up pemainnya," tutur administator Timnas U-23, Bayu Eka Sari Teguh.

Kehadiran Luis Milla di Bali tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi empat klub yang tergabung di grup D. Bali United dan Borneo FC menjadi klub yang pantas mendapat perhatian lebih lantaran dalam dua pertandingan awal selalu menurunkan pemain muda.

Borneo FC bahkan melakukan gebrakan dengan memainkan enam pemain U-23 dari menit awal ketika dikalahkan Bali United dengan skor 3-2 di laga perdana Grup D. Keenam pemain tersebut adalah Nadeo Argawinata, Habibi, Nur Diansyah, Dody Alfayed, Riswan Yusman, dan Wahyudi Setiawan Habibi.

"Kami punya banyak pemain muda potensial. Dengan memberikan kesempatan kepada mereka, banyak keuntungan yang didapatkan. Dengan sendirinya, pemain akan merasakan langsung bagaimana tekanan di laga profesional. Selama ini, mereka hanya di ajang ujicobam," jelas asisten pelatih Borneo FC II, Kurniawan Dwi Yulianto.

© Baliunitedfc
Skuat muda Bali United merayakan gol ke gawang PSPS. Copyright: BaliunitedfcSkuat muda Bali United merayakan gol ke gawang PSPS.

Di sisi lain, Bali United menurunkan empat pemain sekaligus di daftar starter ketika mengalahkan PSPS Riau. Keempat pemain tersebut adalah Mohammad Dicky Indrayana, Ahmad Agung Setia Budi, I Kadek Agung, Widnyana Putra, dan Hanis Sagara. Selain itu ada Rahmad Hidayat, Feby Eka Putra dan Ikhwan Azka Fauzi yang mendapat kesempatan selanjutnya.

Selain Borneo FC dan Bali United, ada juga PSM Makassar yang memilih memainkan banyak pilar U-23 seperti Reva Adi Utama, Irfan Jamil, Aji Kurniawan, Rizky Eka Pratama, Arsyad Yusgiantoro, Muhammad Fauzan dan Ayub Fredi.