Liga Inggris

Barcelona 1-0 Valencia: Suarez Amankan Langkah Barcelona

Jumat, 2 Februari 2018 05:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Luis Suarez berselebrasi usai cetak gol ke gawang Valencia di semifinal Copa del Rey 2017/18. Copyright: © Getty Images
Luis Suarez berselebrasi usai cetak gol ke gawang Valencia di semifinal Copa del Rey 2017/18.

Babak Pertama

Sejak peluit panjang dibunyikan wasit sebagai tanda dimulainya babak pertama, Barcelona langsung melancarkan serangan berbahaya. Lewat operan satu-dua yang diperagakan, serta diakhiri dengan umpan terobosan ke dalam kotak penalti, belum mampu membuat jala Valencia bergetar.

Bahkan Valencia dibuat Barcelona harus bermain di dalam area pertahanannya sendiri. Mereka dipaksa Barcelona agar tidak bisa mengembangkan permainan

Sehingga Valencia hanya bisa mengandalkan serangan balik ketika para pemain Barcelona gagal melepaskan umpan. Bahkan lima menit pertandingan usai, Barcelona sempat mendapat peluang emas.

Bermula ketika Messi dilanggar di sisi kanan lapangan sehingga tendangan bebas diberikan oleh wasit. Messi yang menjadi eksekutor coba melepaskan umpan matang ke arah mulut gawang. Namun sayang umpan tersebut masih bisa ditangkap oleh kiper lawan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor 0-0 tetap tidak berubah. Menarik untuk disaksikan pada babak kedua. Sebab para pelatih pasti akan merubah skema permainan.

Babak Kedua

Usai turun minum Barcelona tetap menlancarkan serangan seperti babak pertama. Mereka tetap mempermainkan umpan-umpan pendek demi mengontrol jalannya pertandingan.

Peluang demi peluang terus diupayakan oleh Barcelona. Akan tetapi serangan tersebut masih belum menemui titik temu. Sehingga untuk sementara waktu gawang Valencia aman.

Demi mengubah jalannya pertandingan pelatih Ernesto Valverde menurunkan kembali rekrutan anyar mereka, yakni Philippe Coutinho. Dirinya diharapkan bisa memberikan kontribusi yang berbeda pada babak kedua ini.

Publik Camp Nou akhirnya dapat kembali bersorak-sorai berkat gol Luis Suarez. Tepatnya di menit ke-66, Lionel Messi yang berhasil merangsek ke sisi kiri pertahanan lawan memberikan umpan manja ke mulut gawang. Suarez yang tak terkawal mampu menyambut bola tesebut dengan sundulannya.

Unggul sementara 1-0, tak membuat Barcelona mengendurkan serangan. Bahkan Lionel Messi dan kolega tetap mengepung para pemain Valencia hingga tak bisa mengembangkan permainan.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, serangan Barcelona kepada Valencia tetap berlanjut. Namun sayang, peluang-peluang tersebut masih belum bisa menemui titik temu.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua, skor 1-0 untuk Barcelona tetap tidak berubah. Hasil ini membuat Barcelona bisa bernafas lega dalam melakoni babak kedua di kandang lawan.

Susunan Pemain:
Barcelona: Cillessen; Jordi Alba, Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Busquets, Rakitic, Iniesta, Aleix Vidal; Luis Suarez, Lionel Messi.

Valencia: Jaume; Gaya, Vezo, Paulista, Motnoya; Andreas, Coqueli, Parejo, Soler; Vietto, Rodrigo.

545