Liga Indonesia

Pemain Sukses Persib Asal Amerika Latin yang Bisa Ditiru Jonathan Bauman

Jumat, 2 Februari 2018 16:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi.

Usai tampil buruk dalam gelaran piala presiden, manajemen Persib lekas berbenah. Yang terbaru, Maung Bandung dikabarkan akan merekrut penyerang asal Argentina Jonathan Bauman.

Bauman yang banyak memperkuat Tim Amerika Latin sebelum terakhir memperkuat klub asal Yunani AOK Kyrkera ini diharapkan bisa menjadi solusi tumpulnya lini depan Persib yang hanya mencetak satu gol selama tiga laga Piala Presiden yang mereka lalui.

Selain pernah pernah memperkuat beberapa klub di Liga Argentina, catatan pemain 178 cm ini sebenarnya kurang spesial alih-alih dibilang buruk. Seperti data yang ditunjukkan Transfermarkt, Bauman hanya mencetak 1 gol dan 2 assist dari 12 laga bersama AOK di semua kompetisi. Bahkan, Bauman belum mencetak gol di Liga selama 9 kali tampil di musim ini.

© sinmordaza.com
Jonathan Bauman, pemain incaran Persib Bandung. Copyright: sinmordaza.comJonathan Bauman, pemain incaran Persib Bandung.

Satu hal yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Persib adalah asal negara yang sama dengan pelatih Persib saat ini Roberto Mario Gomez.

Kesamaan tersebut setidaknya bisa membuat Bauman lebih cepat beradaptasi dan berkembang bersama pelatih yang pernah menjuarai piala AFC bersama Johor darul takzim tersebut. Selain itu, bisa jadi karena berasal dari negara yang sama, Gomez telah banyak mengetahui kemampuan Bauman yang sebenarnya, bukan hanya dari sekedar statistik. 

Seperti diketahui, bahwa kebanyakan pemain asal Amerika Latin memiliki skill yang mumpuni dengan gaya stylist , berbeda dengan pemain afrika yang cenderung mengandalkan fisik. Bisa jadi itu yang dibutuhkan persib yang sudah lama tidak diperkuat legiun asing asal Amerika Latin.

Jika Bauman sampai benar jadi berseragam pangeran biru, dirinya akan menjadi pemain Amerika Latin pertama yang memperkuat Persib setelah terakhir ada nama Pablo Frances pada 2010-2011.

Beberapa tahun kebelakang tim kebanggaan Jawa Barat ini memang cenderung  merekrut pemain asal Afrika, Eropa bahkan Asia. Padahal jauh sebelumnya tidak sedikit pemain asal Amerika Latin yang meraih sukses di Persib dan memenangkan hati banyak bobotoh.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa pemain asal Amerika Latin yang terhitung sukses dan menjadi pujaan para Bobotoh pada eranya. 

343