Bola Internasional

Inggris Kantongi Dukungan UEFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Jumat, 2 Februari 2018 15:08 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirror
Fans Timnas Inggris. Copyright: © Mirror
Fans Timnas Inggris.

Persatuan sepakbola Eropa (UEFA) dikabarkan telah memberi dukungan sepenuhnya bagi Inggris untuk menjadi tuan rumah gelaran akbar sepakbola dunia pada tahun 2030 mendatang.

Persetujuan tersebut diberikan setelah Inggris melakukan pendekatan masif kepada Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Melihat kesungguhan Inggris, Caferin pun berjanji akan ikut berkampanye agar Inggrislah yang mendapatkan kepercayaan.

© internet
Presiden anyar UEFA, Aleksander Ceferin. Copyright: internetPresiden UEFA, Aleksander Ceferin.

"Ini akan menjadi tawaran bagus. Namun kita harus melihat apakah Inggris juga ingin jadi tuan rumah. Jika ia, saya sebagai presiden UEFA tentu harus memberi dukungan kepada mereka," ujar Ceferin.

Dalam kesempatan tersebut, Caferin menilai saat ini hanya ada sedikit negara yang bisa seorang diri menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia yang diikuti 48 negara. Di Eropa saja, ia menilai hanya Inggris, Jerman, Spanyol, dan Prancis yang bisa mewujudkannya.

“Bila hanya berlokasi di satu negara tentu akan sangat kesulitan menampung 48 tim yang akan bertanding,” pungkasnya

Perlu diketahui, sejak pertama kali dihelat pada 1930 silam, Inggris tercatat baru satu kali berkesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Tepatnya pada Piala Dunia 1966, Inggris didaulat sebagai tuan rumah dan berhasil meraih gelar juara setelah menang 4-2 atas Jerman Barat di babak final.

72