Bola Internasional

Bahas Perkembangan Sepakbola, Presiden FIFA Sambangi Vietnam

Rabu, 7 Februari 2018 12:42 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport.com
Presiden FIFA, saat persiapan Drawing FIFA World Cup 2018. Copyright: © Indosport.com
Presiden FIFA, saat persiapan Drawing FIFA World Cup 2018.

Presiden badan sepak bola dunia (FIFA), Gianni Infantino direncanakan akan berkunjung ke Vietnam pada Kamis (08/02/18). Kunjungan ini merupakan rencana kerja FIFA agar semakin memahami perkembangan sepak bola di negara-negara anggota. Karena itulah, FIFA akan turut terlibat dalam pemebangunan proyek serta mendukung program setiap anggotanya.

Diberitakan Vietnamnews, Infantino telah dijadalkan untuk bertemu dengan para pemimpin Federasi Sepakbola Vietnam (VFF). Setelah itu, akan mengunjungi Pusat Pelatihan Pemuda negara tersebut.

VFF juga dikabarkan tengah mengatur pertemuan antara presiden FIFA dan pemimpin pemerintah Vietnam yang bertujuan meminta dukungan otoritas setempat terhadap kemajuan sepakbola.

Beberapa waktu lalu, FIFA telah menjalankan berbagai proyek untuk mendukung pertumbuhan sepakbola lokal. Salah satunya adalah FIFA Goal Project, yang memfasilitasi pengadaan rumput buatan untuk lapangan, ruang pelatihan, laboratorium hingga fasilitas lainnya untuk pembangunan Youth Training Center (YTC).

© INDOSPORT
Presiden FIFA, Gianni Infantino. Copyright: INDOSPORTPresiden FIFA, Gianni Infantino.

Sebelumnya FIFA secara rutin mengirimkan pelatih dan peralatan tahunan untuk memberikan kursus pelatihan singkat bagi pelatih sepak bola Vietnam. Suntikan dana untuk turnamen sepak bola lokal dan acara sepak bola amatir juga selalu diberikan. Apalagi Vietnam baru saja terpilih sebagai salah satu peserta dalam sebuah program percontohan untuk mengembangkan sepak bola wanita selama 18 bulan.

Ini menjadi kunjungan pertama Infantino ke Vietnam. Sebelumnya, mantan presiden FIFA Sepp Blatter juga pernah mengunjungi negara ini pada tahun 2008.