Liga Indonesia

Persiapan Menuju Dua Event Besar, Ini Agenda Timnas U-23 dan U-19

Jumat, 9 Februari 2018 17:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Latihan Timnas U-23 bulan Januari lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Latihan Timnas U-23 bulan Januari lalu.

Timnas Indonesia U-23 dan U-19 dalam waktu beberapa bulan ke depan akan berjibaku di ajang bergenggsi, yakni Asian Games dan Piala Asia U-19 sebagai tuan rumah. Untuk itu PSSI dan tim pelatih telah menyiapkan agenda bagi dua Timnas kelompok usia tersebut.

Dalam waktu dekat, tepatnya pada tanggal 18-25 Februari mendatang, pelatih utama Timnas Indonesia, Luis Milla akan memanggil sejumlah nama pilihan untuk mengikuti pemusatan latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Menariknya pada latihan kali ini, Timnas U-23 dan U-19 akan menjalani kegiatan secara bersamaan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi Egy Maulana Vikri (kedua dari kiri) melewati beberapa rekannya. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemusatan Latihan Timnas U-23 bulan Januari lalu.

Luis Milla akan memimpin Timnas U-23, sedangkan asistennya, Bima Sakti ditugaskan mengawasi Timnas U-19. Meski demikian, komando tetap berada pada Luis Milla dengan alasan agar skuat termuda menyesuaikan gaya bermainnya dengan tim di atasnya.

Bagi Timnas U-23 gelaran latihan akhir bulan nanti merupakan yang kedua di tahun ini setelah Januari lalu. Skil Hansamu Yama dan kawan-kawan memang terus digeber sebagai persiapan menghadapi Asian Games bulan Agustus mendatang, apalagi skuat Garuda Muda ditargetkan untuk menembus babak semifinal di pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Sementara bagi Timnas U-19, latihan bulan ini adalah yang perdana setelah libur panjang usai mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 pada awal November 2017 lalu. Pemusatan latihan memang diperlukan mengingat tahun ini, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan akan menghadapi dua event penting, yaitu Piala AFF U-18 bulan Juli dan Piala Asia U-19 bulan Oktober mendatang.

Meski demikian, Bima Sakti yang ditunjuk menggantikan Indra Sjafri menjelaskan tidak akan banyak melakukan perubahan komposisi pemain. Ia akan tetap menggunakan pemain yang sama, namun terbuka kemungkinan ada nama-nama baru yang masuk berdasarkan hasil pantauan terutama di Liga U-19 tahun lalu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Zulfiandi (kiri) melewati M Nur Hardianto. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemusatan Latihan Timnas U-23 bulan Januari lalu.

"Sebagian pemain yang kami panggil masih dari tahun 2017. Kemarin kita juga coba beberapa pemain Timnas U-19 untuk dipanggil ke Timnas U-23. Mereka menunjukkan performa yang sangat luar biasa. Selain itu saya akan panggil beberapa pemain dari Liga U-19 tahun lalu," tutup Bima.

517