Liga Indonesia

Meski Terkendala Cuaca, Esensi Latihan Persib Tetap Tersampaikan

Jumat, 9 Februari 2018 10:49 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Abdurrahman Ranala
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib

Cuaca yang tidak menentu di Jepara membuat pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez harus menyesuaikan materi latihan yang akan diberikan kepada anak asuhnya. Sehingga, program yang sudah disiapkan tidak bisa diberikan sepenuhnya di lapangan.

Hujan yang turun di wilayah Jepara dalam beberapa hari ini, membuat Gomez tidak bisa memaksakan diri untuk memberikan beberapa materi latihan di Stadion Gelora Bumi Kartini, karena dikhawatirkan program tersebut tidak berjalan maksimal. 

"Tujuan kita ke sini selain uji coba kita memanfaatkan kondisi lapangan Stadion Gelora Bumi Kartini ini untuk dijadikan tempat latihan. Makanya ketika hujan kita tunggu, makanya kita sudah dapat dukungan dan support dari manajer Persijap sendiri pelatih tidak ingin memaksakan kehendaknya, meskipun baru hujan kita pakai," kata pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya.

Yaya menambahkan, meski program harus mengalami perubahan ketika hujan turun, namun tujuan yang ingin disampaikan pelatih selama pemusatan latihan di Jepara bisa dimengerti oleh pemain.

© Indosport/M Nur Basri
Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya Copyright: Indosport/M Nur BasriPelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya

"Program memang jadi berubah tapi esensi dari program itu tidak berubah, materi latihan bisa bervareasi misalnya kita possession dengan lapangan besar bisa ganti dengan possession dengan memanfaatkan kondisi fisik pemain, yang penting esensi dari materi latihan tersampaikan," ucapnya. 

Selain itu, pelatih juga memberikan materi kepada anak asuhnya di luar lapangan, sehingga dengan begitu target yang diinginkan tim pelatih pada pemusatan latihan di Jepara selama sepakan bisa tersampaikan dan dimengerti oleh pemain.

© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez. Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

"Kesulitan kita misalnya kita punya lapangan besar, kemudian strategis untuk dibikin latihan taktik, akhirnya jadi agak sedikit terkendala cuaca, dalam hal taktikal. Akhirnya coach mencoba membicarakan ini dengan session secara persuasif di kamarnya sendiri dengan memanggil beberapa pemain, dengan memberi materi taktikal secara terori dan ini salah satu hal yang dilakukan oleh coach," jelasnya. 

73