Bola Internasional

Valencia 0-2 Barcelona: Gol Coutinho dan Rakitic Bawa Blaugrana ke Final Copa Del Rey

Jumat, 9 Februari 2018 05:34 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Mirror
Valencia vs Barcelona Copyright: © Mirror
Valencia vs Barcelona

Babak Pertama

Bertindak sebagai tuan rumah, Valencia mencoba mengambil alih serangan di awal babak pertama melalui kerja sama satu dua Coquelin dan Zaza di menit ke-6, namun beruntung Cilessen masih dapat menghalau percobaan serangan tersebut.

Barcelona mulai merancang serangan ke area pertahanan Valencia. Andres Iniesta melakukan pergerakan luar biasa ke jantung pertahanan tuan rumah di menit ke-16 dan memberikan umpan pada Suarez yang langsung berhadapan satu dua dengan pemain Valencia, namun sayang belum berbuah hasil.

© Mirror
Valencia vs Barcelona Copyright: MirrorValencia vs Barcelona

Kedua tim bergantian saling menyerang, Zaza mendapatkan peluang emas setelah berhasil lolos dari kawalan Gerard Pique di menit k-27, namun sayang Zaza yang berusaha memberikan umpan kepada Vietto justru gagal karena bola sudah dapat dikuasai oleh Cilleseen.

Peluang emas kembali diraih Valencia di penghujung babak kedua, namiun tendangan Kondogbia dari sisi kiri pertahanan Barcelona masih melenceng dari gawang Cilleseen.

Hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan, skor imbang 0-0 tak berubah. Lionel Messi yang menjadi ujung tombak di laga ini terlihat cukup kesulitan melepaskan diri dari kawalan pemain belakang Valencia.

Babak Kedua

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, melakukan beberapa perubahan di babak kedua diantaranya dengan menarik Andre Gomes dan menggantinya dengan Philippe Coutinho. Membayar kepercayaan tersebut, Coutinho berhasil mencetak gol pertama untuk Barca di menit ke-49.

Memanfaatkan umpan matang Luis Suarez dari menusuk pertahanan Valencia dari sisi kiri, Coutinho menceploskan bola yang tak mampu ditepis kiper Valencia.

Keunggulan 1-0 Barcelona membuat Valencia harus  membalas dengan tiga gol, sesuatu yang tentunya sangat sulit. Di sisi lain, Blaugrana yang telah unggul tampak bermain rileks dan justru lebih mengandalkan serangan balik mematikan dan membiarkan tuan rumah mengusai bola.

Alih-alih mencetak gol, Valencia justru harus kembali gigit jari setelah Barca mencetak gol kedua mereka di menit ke-82. Lagi-lagi berkat assists Luis Suarez dari sisi kiri usai mengecoh pemain belakang Valencia.

Umpan matang striker Uruguay itu kepada Ivan Rakitic diselesaikan dengan baik, tendangan Rakitic tak mampu dihalau oleh kipr Los Che, skor berubah 0-2 untuk keunggulan Barcelona. Valencia nyaris mustahil mengejar selisih gol, mereka harus membalas empat gol jika ingin lolos

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, kedudukan tidak berubah Barcelona menang 2-0.

Hasil tersebut membawa Blaugrana lolos ke final Copa Del Rey dengan agregat 3-0.

Berikut susunan pemain Valencia vs Barcelona.

Valencia: Jaume, Gaya, Garay, Paulista, Montoya, Rodrigo, Kondogbia, Parejo, Coquelin, Zaza, Vietto

Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Barcelona: Cillessen, Pique, Alba, Umtiti, Roberto, Gomes, Rakitic, Sergio, Iniesta, Suarez, Messi

Pelatih: Ernesto Valverde
 

893