Liga Spanyol

Barcelona Sudah 2 Tahun Tak Pernah Kebobolan Penalti di La Liga

Senin, 12 Februari 2018 13:59 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Skuat Barcelona. Copyright: © Getty Images
Skuat Barcelona.

Hasil imbang dengan skor kacamata melawan Getafe pada Minggu (11/02/18) memang disesali oleh Barcelona. Meski bermain di kandangnya, Camp Nou mereka tak mampu menundukkan kesebelasan kurcaci asal Madrid tersebut. Sehingga mereka tak bisa melebarkan jarak di klasemen meski sudah unggul jauh dari para rival-rivalnya.

Meski begitu pada hari Selasa (13/02/18) besok ini, akan tercipta tonggak sejarah yang hebat bagi Barcelona. Dengan fakta bahwa klub tersebut belum kebobolan satu penalti pun di kompetisi La Liga Spanyol selama dua tahun tahun terakhir ini.

© Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images
Kiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Copyright: Urbanandsport/NurPhoto via Getty ImagesMarc-Andre ter Stegen sudah dua tahun tidak pernah mengamankan gawang Barcelona dari tendangan penalti.

Hadiah titik dua belas terakhir yang diterima lawan ketika bersua Blaugrana di La Liga Spanyol adalah pada tanggal 14 Februari 2016. Terakhir kali peristiwa itu terwujud adalah ketika mereka menghadapi Celta Vigo.

Kala itu pengeksekusi penalti adalah pemain asal Swedia, John Guidetti. Dia mengkonversi tendangan dari 12 meter untuk menyamakan kedudukan bagi tim tamu di Nou Camp setelah pemain depan Swedia itu dilanggar oleh Jordi Alba. Guidetti menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke 39, via penalti sebelum gawang mereka dibombardir Messi cs. dengan gelontoran lima gol tambahan dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 6-1.

Sejak saat itu hingga 76 Pertandingan La Liga dimainkan, atau setara laga penuh pada dua musim;  Barcelona tidak pernah menerima hadiah penalti. Selama periode itu pula sebenarnya total 224 tendangan penalti telah muncul di La Liga, namun tak satupun ada lawan Barcelona yang mendapat penalti ketika berhadapan dengan rakasa Catalan tersebut.

Sementara itu, kesebelasan yang paling sering dihukum penalti adalah Valencia dan Celta Vigo masing-masing dengan 18 penalti, Real Sociedad mengikuti tepat di belakang mereka dengan menderita 16 tendangan penalti. Sedangkan rival abadi Barcelona, Real Madrid menerima delapan kali hukuman penalti selama dua tahun terakhir.

370