Liga Spanyol

Phillippe Coutinho Siap Bela Portugal

  • Pemain asal Brasil ini berpeluang untuk menjadi warga negara Portugal.
  • Hal itu dikarenakan sang istri memiliki kewarganegaraan Portugal.
Selasa, 13 Februari 2018 17:42 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© sport.es
Neymar dan Coutinho saat membela timnas Brazil Copyright: © sport.es
Neymar dan Coutinho saat membela timnas Brazil

Gelandang serang Barcelona, Philippe Coutinho adalah salah satu dari tiga pemain yang bukan warga non Uni Eropa dalam skuat Blaugrana pada musim ini. 

Menurut  peraturan resmi UEFA, klub-klub top Eropa hanya boleh merekrut maksimal 3 pemain yang bukan dari Uni Eropa. Itu artinya Barcelona sudah tidak bisa mendatangkan pemain yang berasal dari luar benua Eropa.

Melihat hal itu, pemain terbaru yang didatangkan dari Liverpool, Coutinho siap berkorban untuk mengganti kewarganegaraannya dan menajdi bagian dari warga Portugal.

"Saya bisa mendapatkan kewarganegaraan Portugal. Saya bisa mengikuti Istri saya yang merupakan warga Portugal" ujar pemain berpaspor Brasil di Express.

© Barcelona
Philipe Coutinho menyandang nomor punggung 14. Copyright: BarcelonaPhilipe Coutinho menyandang nomor punggung 14.

Pasangan Coutinho, Aine, adalah orang Portugal. Namun naturalisasi Coutinho ke negara tersebut hanya akan terjadi setelah pernikahan dan sang istri sudah memasuki usia 3 tahun.

Menurut peraturan Undang-undang kependudukan Portugal, setiap orang yang ingin menjadi warganegara Portugal harus memiliki istri atau suami yang sudah menjalani rumah tangga selama 3 tahun atau lebih. 

Tapi sepertinya Coutinho masih akan memperkuat Brasil di Piala Dunia 2018 di Rusia Juni Mendatang. Pasalnya pernikahan sang pemain dengan istrinya baru berjalan dua tahun lamanya dan baru mau memasuki tahun ketiga.