Liga Indonesia

Robert Rene Albert Kritik Ketidakjelasan Jadwal Liga Indonesia

Selasa, 13 Februari 2018 21:28 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Basri/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert Copyright: © Basri/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Albert

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengkritisi ketidakjelasan yang terjadi pada sepak bola Indonesia. Turnamen pra-musim seperti Piala Presiden justru menjadi fokus utama saat ini daripada kapan kejelasan liga, yang merupakan ajang paling penting di sebuah negara yang justru diabaikan. Rene Alberts menyampaikan kegelisahannya melalui media sosial Instagram pada Senin (11/02/18). 

Dalam rekaman video diatas, Rene Alberts yang sedang memimpin pemusatan latihan tim berjuluk Juku Eja di Bali itu mengatakan bahwa sampai hari ini belum ada kejelasan kapan kick off Liga Indonesia akan dimulai. Malah, kata Rene Alberts, "Masih belum ada berita kapan liga sebenarnya dimulai." Informasi justru diperolehnya dari media-media yang memperkirakan liga akan dimulai 10 Maret mendatang.

Masih di video penjelasan itu juga, Alberts menyiratkan bahwa asosiasi sepakbola dan operator liga kita masih belum bisa merumuskan jadwal untuk kompetisi di Indonesia. Menurutnya, masalah ini sebenarnya bisa diatasi ketika Indonesia menyelaraskan jadwal liga dengan kalender-kalender federasi sepak bola dunia, FIFA dan federasi tingkat Asia, AFC agar ketidakjelasan atau kesimpangsiuran ini segera sirna dari dunia sepakbola Indonesia.

 

Part 3 The indonesian League Kick Off So far no news for the start of the 2018 league....it seems all involved are focusing on the ongoing president cup..what is the priority ? . . Bagian 3 Kick Off liga Indonesia. Sejauh ini, belum ada kabar tentang kapan mulainya liga 2018. Kelihatannya semua orang yang terlibat, hanya fokus ke Piala Presiden yang sedang berlangsung. Apa prioritas sebenarnya? . . Direrjemahkan oleh: @roywanson . . #sepakbola #sepakbolaindonesia #ligaindonesia #indonesia #football #kemajuansepakbolaindonesia . . @pssi__fai @liga1match @theafchub @panditfootball @footballtribeid @fandom_id @bolacomid @hariantopskor @tribuntimurdotcom @fajaronline @rakyatku @pengamatsepakbolaindonesia @sepakbolaid @tabloid_bola @jawapos @espn @foxsports @fourfourtwoid @kemenpora

A post shared by robert rene alberts (@robertrenealberts) on

Namun, Rene Alberts menyayangkan hal itu belum dilakukan di Indonesia. Padahal, pelatih asal Belanda itu menuturkan banyak potensi yang ada di Indonesia dan banyak pihak yang ingin sepak bola Indonesia menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Dia juga menyatakan harus ada sesuatu langkah nyata (kejelasan liga) di Indonesia, karena jika tidak Rene khawatir persiapan klub-klub di Indonesia akan berantakan. Karena jika sepak bola Indonesia ingin maju, apalagi kualitas liganya ingin terangkat naik perubahan sungguh lah yang harus dilakukan. 

"Jadi mari bersama-sama, benahi organisasi (PSSI) untuk masa depan. Jadi kita bisa memulai liga (Indonesia) ini secapat mungkin", tutup Rene Alberts dalam akun Instagramnya yang bernama @robertrenealberts.

132