Bola Internasional

Persija 0-3 Johor Darul Takzim: Macan Kemayoran Tak Berkutik

  • Persija tumbang di tangan tuan rumah, Johor Darul Takzim (JDT) dengan skor 3-0 di pertandingan Grup H Piala AFC 2018.
  • Macan Kemayoran tak mampu mencetak satu gol pun ke gawang JDT.
Rabu, 14 Februari 2018 22:08 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Lanjar Wiratri
© Abdul Aziz/INDOSPORT
JDT 3-0 Persija. Copyright: © Abdul Aziz/INDOSPORT
JDT 3-0 Persija.

Babak Pertama

Persija Jakarta bertandang ke markas Johor Darul Ta'zim untuk melakoni laga perdana kulifikasi Piala AFC Grup H. Bermain di markas sendiri, Johor Darul Ta'zim mampu memanfaatkan status tuan rumah dan dukungan ribuan pendukungnya untuk mengepung pertahanaan Persija Jakarta.

Di menit-menit awal pertandingan, Johor Darul Ta'zim mulai melalukan insiatif serangan. Pada menit ke 3 Johor Darul Ta'zim mendapat peluang pertamanya melalui Fadli Shas setelah mendapat umpan dari rekannya Safiq Rahim di sisi kiri. Namuna sundulannya masih mengenai mistar gawang Persija.

Johor Darul Ta'zim kembali mendapat peluang di menit ke 6 melalui tendangan penjuru. Deny Figueroa nyaris membuka skor setelah menyambut umpan yang dilesakan oleh  Safiq Rahin. SUndulan pemain ini masih bis dimentahkan oleh kiper Persija.

Hingga menit ke 10, Johor Darul Ta'zim mampu mengepung dan mengambil ritme pertandingan pada malam. 
Memasuki menit ke 11, pemain Persija mulai melakukan permainan-permainan keras dengan melakukan tekelan berbahaya terhadap peara pemain Johor Darul Ta'zim. 

Pemain persija Marko Kabiay mendapat kartu kungin pertama di menit ke 11 setelah melakukan pelanggaran keras kepada pemain Johor Darul Ta'zim, Pereya Diaz.

Memasuki 15 menit pertama,  Johor Darul Ta'zim mampu mengambil ritme pertandingan dan berhasil dalam hal pengusaan bola dan mengepung pertahanan Persija Jakarta.

Johor Darul Ta'zim terlihat begitu sabar dan tidak terburu-buru untuk melakukan serangan demi serangan. Mereka sangat nyaman untuk mengusai bola di lini tengah lapangan.
Hingga memasuki menit ke 28,  Johor Darul Ta'zim nyaris mengusai jalannya pertandingan sementara Persija Jakarta hanya mampu mengandalkan serangan balik pada pertandingan ini.

Akhirnya memasuki menit ke 29,  kesabaran  Johor Darul Ta'zim akhirnya membuahkan hasil. Mereka berahsil mencetak gol melalui penyerang Hazwan bakri setelah menerima umpan dari Azrif Nasrullhaq di sisi kiri pertahanan Persija.

Setelah gol tersebut,  Johor Darul Ta'zim kembali mengambil insiatif serangan dan kembali menguasai jalannya pertandingan. Sementara itu Persija hingga memasuki menit ke 35 belum memiliki peluang yang berarti.

Memasuki menit ke 42, Kesabaran  Johor Darul Ta'zim dalam mengepung pertahanan Persija Jakarta kembali membuahkan hasil. Penyerang Pereya Diaz melakukan tendangan ke arah gawang yang sudah ditinggal oleh kiper Persija Ardhiyas. Ia membawa  Johor Darul Ta'zim unggul 2-0 untuk saat ini.


Pertandingan babak pertama tinggal menyisakan 3 menit. Namun Persija belum mampu untuk keluar dari tekanan yang dilakukan oleh para pemain  Johor Darul Ta'zim. 

Memasuki menit ke 45, kedua tim lebih banyak duel di lini tengah lapangan dan perpanjangan waktu 2 menit diberikan  wasit. Peluait dari wasit mendakan babak pertama sudah usai.  Johor Darul Ta'zim berhasil unggul 2-0 setelah mampu mengusasi jalannya pertandingan.

Babak kedua

Memasuki babak  ke dua,  Johor Darul Ta'zim  kembali mengambil insiatif serangan. Mereka kembali mengusai jalannya pertandingan dengan pengusaan bola di lini tengah. 

Johor Darul Ta'zim sangat bersabar untuk membongkar lini pertahanan tim Macan Kemayoran. 
Pada menit ke 54, Johor Darul Ta'zim mendapat peluang bagus. Pereya Diaz tidak mampu melesakan gol meski sudah berhadapan dengan kiper Persija. Tendangannya masih bisa ditepia oleh kiper Andritany.

Johor Darul Ta'zim sangat mendominasi pertandingan ini mereka mampu mengusai jalannya pertandingan.  Klub yang berjuluk Harimau Selatan ini cukup bersabar untuk melakukan serangan demi serangan ke jantung pertahanan Persija. 

Memasuki menit ke 61, Johor Darul Ta'zim mendapat peluang bagus melalui sundulan Adisson. Namun sundulannya masih berada di atas mistar gawang Persija.

Gol, Johor Darul Ta'zim berhasil mencetak gol ketiganya pada menit ke 76 melalui Safawi. ia tidak menyia-nyiakan umpan yang diberikan oleh Pereya Diaz.

Pertandingan tinggal menyisakan 14 menit, namun Persija belum mampu mendapat peluangnya di pertandingan ini.  Johor Darul Ta'zim mampu mengambil ritme pertandingan sementara Persija seakan mengikuti ritme pertandingan tersebut.

Memasuki menit ke 88, pemain Persija Telaubun melakukan pelanggaran keras terhadap Figueroa. Aksinya tersebut diganjr kartu kungin oleh sang wasit. 

Pertandingan tinggal menyisakan 2 menit lagi dan sepertinya Johor Darul Ta'zim sudah puas dengan keunggulan mereka. Mereka terlihat hanya bermain di daerah sendiri dan melakukan penguasaan bola yang lama.

Akhirnya wasit meniup pleuit panjang setelah memberi 2 menit waktu injuri time. Johor Darul Ta'zim berhasil mengalahkan Persija 3-0 dalam partai kualifikasi Grup H piala AFC

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim:

Johor Darul Tak'zim : Farizal, Afiq, Azrif, La'Vere Corbin, Fadhli, Safiq, Natxo, Hariss,  Jorge Pereyra, Hazwan, Luciano Figueroa.

Persija Jakarta : Andritany, Markus kabiay, Jaime, Gunawan, Valentinus Telabun, Asri Akbar, Sandi Sute, Novri Setiawan, Rudi Widodo, Bambang Pamungkas, Adddison Alves.