Liga Indonesia

Ini Kriteria Pemain Asing Favorit Mario Gomez untuk Persib

Kamis, 15 Februari 2018 18:10 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez tidak ambil pusing dengan regulasi pembatasan pemain asing dari benua Afrika yang diterpakan untuk kompetisi Liga 1 2018. Lima negara Afrika yang pemainnya bisa berlaga di Liga 1 yakni Tunisia, Mesir, Kongo, Aljazair, dan Sudan.

Mereka juga sebelumnya harus lebih dulu bermain kompetisi tertinggi dari lima negara tersebut. Bagi pemain di luar lima negara Afrika tersebut masih bisa bermain di Liga 1 2018, dengan catatan mereka sudah pernah berkarier di Eropa,

Menurut mantan pelatih Johor Darul Ta'zim ini, selain pemain asingnya saat ini di Persib tidak ada yang bermasalah. Dalam perekrutan legiun asing ia lebih tertarik mendatangkan pemain dari negara Eropa dan Amerika Latin.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Mario Gomez dan Fernando Soler saat jalani latihan persana bersama Persib Bandung. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTMario Gomez dan Fernando Soler saat jalani latihan bersama Persib Bandung.

"Buat saya sendiri, pemain itu haruslah berasal dari Argentina, Brasil lihat juga ranking di 5 besar, tidak apa-apa kalau sudan juga lebih. Tapi jika ditanya, saya akan lebih senang bekerja dengan pemain dari  Argentina, Brasil, Paraguay, Uruguay, Chile, Italia, dan Spanyol," kata Gomez.

Selain itu, Gomez juga merekrut pemain asing yang mayoritas sudah dikenal olehnya, bahkan tak jarang sudah sempat bekerjasama dengannya. Sehingga, ia sudah mengetahui langsung kualitas dari pemain tersebut.

"Saya hanya main dengan pemain yang saya kenal. Karena saya tahu kondisi dan kakarternya, tidak hanya melihat dari video tapi harus kenal dengan pemain itu," ucapnya.

"Penting juga apakah dia orang yang baik atau tidak. Kita harus selektif mendatangkan pemain terutama untuk pemain asing, karena mereka akan masuk ke dalam sebuah keluarga," jelasnya.

Selain pemain asing, pelatih berusia 60 tahun ini juga mencari tahu mengenai pemain lokal yang akan direkrut. Karena, selain kualitas yang dicari, ia juga melihat attitude sebagai salah satu kriteria.

"Juga pemain lokal, pastikan dulu mereka ada masalah atau tidak. Di dalam tim itu sebuah keluarga," pungkasnya. 

389