Liga Champions

Statistik Ini Menunjukan Betapa Mengerikannya Ronaldo di Eropa

Kamis, 15 Februari 2018 09:08 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Ronaldo cetak pinalti Copyright: © Getty Images
Ronaldo cetak pinalti

Brace yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo ke gawang Paris Saint-Germain di babak 16 besar Liga Champions memilik banyak makna. Selain memberikan “jalan mudah” ketika bertandang di leg kedua nanti, mega bintang asal Portugal tersebut juga membuktikan diri sebagai predator lini depan yang sangat buas.

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo

Musim ini, pemain berusia 33 tahun tersebut telah melesakan 11 gol dari 7 laga Liga Champions. Hal itu membuatnya memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang mencetak 10 gol atau lebih dalam 7 edisi kompetisi Eropa itu.

Lebih lanjut, ia juga telah mencetak 101 gol bersama dengan satu klub yaitu Real Madrid. Fakta tersebut mengukuhkan dominasinya di Eropa mengalahkan nama-nama tenar lainnya, seperti Messi dan bahkan legenda Los Blancos, Raul Gonzales.

Nama Pemain  Klub Gol
Cristiano Ronaldo Real Madrid 101
Lionel Messi Barcelona 97
Raul Gonzales Real Madrid 66

Ronaldo juga terbilang sangat konsisten dalam mencetak gol di gelaran kompetisi paling bergengsi di Eropa ini. Dilansir dari Gracenote, ia telah terlibat dalam 87% gol selama bertanding bersama dengan beberapa klub berbeda (Sporting Lisbon, Manchester United dan Real Madrid). Salah satu contoh dominasinya adalah ketika dirinya mencetak 17 gol dalam satu musim Liga Champions.

Ronaldo

Dalam detail yang lebih rinci (berseragam Real Madrid), 86 gol telah dicetaknya dari dalam kotak penalti dan 15 dari luar kotak. Transformasinya dari seorang sayap kanan menjadi penyerang murni dapat dikatakan berhasil. Mourinho, pelatih Real Madrid terdahulu, merupakan orang yang merubahnya menjadi seperti ini.

© INDOSPORT
Karim Benzema, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale. Copyright: INDOSPORTKarim Benzema, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale.

C. Ronaldo tentu tidak dapat bekerja sendirian. Ia mempunyai “duet” terbaik dalam diri Benzema. Penyerang asal Prancis tersebut telah memberikannya 11 kali assists. Umpannya tersebut lebih banyak dari pada Bale (7) dan Marcelo (6).

Dengan asumsi hitungan di atas, dapat terlihat jika ketajaman Ronaldo jelas lebih menonjol ketika bermain di kompetisi Eropa. Di liga Lokal, ayah  dari lima orang anak masih belum dapat memperlihatkan performa terbaiknya. Terhitung dari 18 laga, sang superstar hanya mencetak 11 gol. 

Ronaldo di Liga Champions:

  • Satu-satunya pemain yang pernah mencetak lebih dari 10 gol di enam kali gelaran Liga Champions
  • Ronaldo memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di babak grup Liga Champions (11 gol di musim 2015-2016).
  • Pemain yang mencetak paling banyak gol dalam satu gelaran Liga Champions (17 gol di musim 2013-2014).
  • Pemain pertama yang mencetak gol di semua pertandingan di babak grup dalam satu gelaran Liga Champions (9 gol di musim 2017-2018)
1.9K