Bola Internasional

Bayaran Agen Pemain Bisa Picu Suap, FIFA Akan Lakukan Perubahan

Jumat, 16 Februari 2018 17:26 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Getty Images
FIFA Presiden, Gianni Infantino Copyright: © Getty Images
FIFA Presiden, Gianni Infantino

Biaya untuk agen pemain (agent fee) dianggap mengkhawatirkan dan perlu diatur lebih spesifk demi mencegah penyuapan, korupsi, dan pencucian uang, kata presiden FIFA, Gianni Infantino pada Kamis (15/02/18).

Infantino mengatakan 4,6 miliar poundsterling telah beredar dalam bursa transfer, hanya pada dalam kurun satu tahun ini saja. Dengan perincian 356 juta pounsterling mengalir ke agen dan perantara pemain.

"Saya pikir tingginya uang komisi ke agen suatu saat akan mengkhawatirkan," kata Infantino dalam sebuah wawancara dengan ESPN. "Banyak agen telah setuju ide saya dengan adanya pengawasan agen. Mereka mempertanyakan sistem sepak bola saat ini dimana tidak ada aturan baku tentang hal ini (agen pemain)."

"Itu sebabnya kita perlu bertindak," kata pria asal Italia tersebut.

Pengeluaran terbesar muncul dari Liga Primer Inggris. Dimana menurut Infantino, empat belas dari dua puluh klub disana menginginkan perubahan tersebut dan hal ini satu pemikiran dengan sang presiden FIFA. Untuk musim depan, klub-klub Inggris akan selesai bursa transfer sebelum pekan pertama liga dimulai (9 Agustus). Tidak seperti biasanya ketika mereka masih bisa bongkar pasang skuat diawal musim berjalan.

© INDOSPORT
Presiden FIFA, Gianni Infantino. Copyright: INDOSPORTPresiden FIFA, Gianni Infantino.

"Saya sangat senang dengan perubahan yang diinginkan dari Liga Primer," kata Infatino.

Infantino menambahkan: "Anda mengubah tim dalam satu minggu, dua minggu atau satu bulan diawal musim dan berisiko kehilangan pemain terbaik Anda. Ini tidak benar. Kita harus melindungi nilai-nilai (yang) telah membuat sepak bola apa adanya, (dan juga permainan) integritasnya."

Namun, rencana perubahan Liga Primer itu belum diikuti liga lain seperti Serie A Italia dan La Liga Spanyol. Infantino juga menekankan akan mengevaluasi aturan-aturan agar menjaga nilai kompetitif liga-liga serta mendukung perkembangan pemain muda.

"Penting untuk mengatur beberapa hal seperti batasan jumlah pemain dan jumlah pemain pinjaman," katanya. "Kita juga perlu memperhatikan aturan homegrown players (menggunakan pemain akademi) demi keseimbangan dan liga yang kompetitif," tutup Infantino.

51