Liga Indonesia

Sempat Dijebol Oknum Jakmania, Keamanan Kawasan GBK Diperketat

Sabtu, 17 Februari 2018 18:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Zaenal Hasan/INDOSPORT
Beberapa oknum Jakmania berhasil diamankan pihak polisi. Copyright: © Zaenal Hasan/INDOSPORT
Beberapa oknum Jakmania berhasil diamankan pihak polisi.

Sekelompok suporter Persija Jakarta, Jakmania tertangkap oleh pihak keamanan. Mereka ditangkap karena memaksa masuk area ring road Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan diketahui tidak memiliki tiket.

Sekitar 50 lebih oknum Jakmania memang terlihat diamankan pihak keamanan. Mereka memaksa masuk Plaza Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno. Saat diintrograsi ternyata mereka tidak memiliki tiket.

Seperti diketahui area ring road Stadion GBK merupakan area steril. Hanya penonton yang sudah memiliki tiket yang boleh berada di area ini.

© Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORT
Suporter Persija Jakarta dikawal ketat polisi. Copyright: Petrus Manus DaYerimon/INDOSPORTSuporter Persija Jakarta dikawal ketat polisi.

Terkait jebolnya area yang masuk ring dua ini, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu bersama Dandim Jakarta Pusat Kolonel Edwin menjabarkan kronologis kejadian.

"Pengamanan ini kan dari sekuriti satpam internal saja. Sekarang diperkuat karena mereka memang tadi ada sedikit dorong-dorongan sehingga jebol," ucap Roma.

© Zaenal Hasan/INDOSPORT
Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Roma Hutajulu. Copyright: Zaenal Hasan/INDOSPORTKapolres Jakarta Pusat, Kombes Roma Hutajulu.

"Mereka dibawa ke Polda, karena kalau masuk ring road ini sebenarnya mereka belum tahu. Kalau penonton Jakmania itu harus masuk dari Plaza Utara, Plaza Timur, dan silang Tenggara," beber dia.

Kini imbas dari jebolnya pintu plaza Barat, keamanan laga final Piala Presiden pun diperketat. Hal ini untuk menjaga laga final menjadi kondusif.

"Sekarang sudah saya perkuat satu kompi dari polisi dan satu kompi dari tentara untuk memperkuat," tambah dia.

"Pengamanan yang diterjunkan puluhan ribu personel. Kemarin Kapolri bila 6.000 personel, tapi sekarang kita perkuat jadi 10 ribu lebih," tutup dia.

Sekadar informasi, laga antara Persija vs Bali United akan berlangsung mulai pukul 19:30 WIB. Sebelum pertandingan dimulai, para penonton akan lebih dulu dihibur acara musik yang menghadirkan dua pedangdut kondang Tanah Air, Zaskia Gotik dan Via Vallen.

712