Liga Indonesia

Sosok Salah Satu Wasit FIFA di Final Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 12:29 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Liga1GojekTraverloka
Mustofa Umarella pelatih terbaik Liga 1. Copyright: © Liga1GojekTraverloka
Mustofa Umarella pelatih terbaik Liga 1.

Piala Presiden 2018 dalam hitungan waktu akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno pada Sabtu (17/02/18). Laga yang paling ditunggu-tunggu pecinta sepakbola Tanah Air tersebut, akan mempertemukan Persija Jakarta kontra Bali United.

Sebelumnya, Piala Presiden 2018 lebih dulu menghadirkan pertandingan perebutan juara tiga yang mempertemukan Sriwijaya FC dengan PSMS Medan. Kedua tim tersebut akan menjalani laga terkahirnya di ajang ini pada sore nanti.

Panitia pelaksana pun nampaknya serius untuk memberikan yang terbaik pada partai puncak nanti. Selain mempersiapkan venue, tiket, dan hiburan untuk partai final, mereka juga telah menyiapkan delapan wasit pertandingan yang memiliki lisensi FIFA.

Salah satu nama yang akan menjalankan tugas di partai puncak Piala Presiden 2018 tersebut adalah Mustofa Umarella. Nama Mustofa sendiri memang tak asing di kancah sepakbola Tanah Air.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mustofa Umarella, Penghargaan Best Referee Liga 1 2017 Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMustofa Umarella, Penghargaan Best Referee Liga 1 2017

Pasalnya wasit yang kini berusia 31 tahun tersebut dipercaya untuk memimpin empat laga di Piala Presiden 2017 lalu. Hebatnya, pada tahun selanjutnya, Mustofa langsung terpilih sebagai Wasit Terbaik Piala Presiden 2017.

Catatan itu membuat dirinya masuk dalam jajaran wasit terbaik yang dimiliki Indonesia dalam beberapa tahun terkahir. Mengantongi lisensi FIFA sepertinya sudah cukup menjelaskan betapa profesionalnya Mustofa dalam menjalankan tugasnya.

© PSSI
Joko Driyono saat memeberikan penghargaan kepada Mustofa Umarella sebagai pelatih terbaik Liga 1 2017. Copyright: PSSIJoko Driyono saat memeberikan penghargaan kepada Mustofa Umarella sebagai pelatih terbaik Liga 1 2017.

Bukti lain lahir ketika dirinya mendapatkan penghargaan pada Awarding Night Gojek Traveloka Liga 1 pada akhir tahun lalu. Dalam acara tersebut, Mustofa dinobatkan sebagai wasit terbaik sepanjang gelaran kompetisi kasta tertinggi sepakbola Tanah Air.

Karier Mustofa sendiri bisa dibilang cukup cemerlang. Dalam lima tahun saja sang pengadil asal Jakarta itu mengalami perkemabangan yang signifikan di dunia perwasitan, bahkan telah mengantongi lisensi C1 ketika usianya menginjak 25 tahun.

Dengan sederet prestasi tersebut, tidak mengherankan Mustofa dipercaya memimpin Piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta dan Bali United nanti malam.

523