Liga Spanyol

Eibar 0-2 Barcelona: Blaugrana Semakin Kokoh di Puncak

Minggu, 18 Februari 2018 00:34 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Juni Adi
© Getty Images
Luis Suarez membuka keunggulan Barcelona atas Eibar. Copyright: © Getty Images
Luis Suarez membuka keunggulan Barcelona atas Eibar.

Babak Pertama

Barcelona yang berstatus sebagai tim tamu, tampil tanpa beban sejak peluit babak pertama dibunyikan. Iniesta dkk, berhasil mendominasi jalannya pertandingan hingga paruh babak pertama.

Karenanya, anak asuh Ernesto Valverde berhasil mencuri gol pada menit ke-16 melalui Luis Suarez. Gol ini lahir dari umpan manis yang diberikan sang kapten, Lionel Messi.

Eibar yang tertinggal satu gol mencoba meningkatkan serangan demi bisa menyamakan kedudukan. Namun penampilan apik Pique dan Umtiti di lini pertahanan, mampu meredam serangan-serangan yang beberapa kali sempat dilancarkan oleh tim tuan rumah, hingga skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol di depan publik sendiri, Eibar langsung tampil menekan di awal babak kedua. Permainan agresif mulai dipertontonkan anak asuh Luis Mendilibar. Sementara tim tamu, Barca terlihat kesulitan mengembangkan permainan. Bahkan sampai harus memaksa para pemain Barca bermain keras untuk bisa menghentikan pemain Eibar. Salah satu buktinya, Andre Iniesta mendapat kartu kuning di menit ke-48.

© INDOSPORT
Luis Suarez. Copyright: INDOSPORTLuis Suarez.

Khawatir mendapat mendapat akumulasi kartu, pelatih Barca lantas menarik Iniesta pada menit ke-63 untuk digantikan oleh Philippe Coutinho. Masuknya mantan pemain Liverpool itu, berhasil mengubah jalannya pertandingan. Tim asal Catalan ini mampu mengimbangi permainan agresif tuan rumah. 

Pada menit ke-68, terjadi insiden dimana wasit mengusir pelatih Eibar, Mendilibar. Ia diusir keluar lapangan karena melakukan protes secara berlebihan.

Meski tampil tanpa sang pelatih, Eibar mampu menunjukkan perlawanan kepada tim bertabur bintang tersebut. Eibar sendiri sebenarnya beberapa kali sempat merepotkan Barca melalui winger mereka, Takashi Inui. Pemain berkebangsaan Jepang itu beberapa kali nyaris membobol gawang Ter Stegen.

Tampil menyerang dengan harapan bisa menyamakan kedudukan, Eibar malah kembali kebobolan di menit ke-88, melalui Jordi Alba. Gol bek kiri Blaugrana itu bertahan hingga laga berakhir untuk kemenangan Barcelona.  

Susunan Pemain Kedua Tim:

Eibar

Dmitrov, Arbila, Lomban, Pena, Angel, Dani Garcia, Diop, Inui, Jordan, Orellana, Kike Garcia.

Barcelona

Terstegan, Pique, Umtiti, Alba, Roberto, Rakitic, BVusquets, Iniesta, Suare, Messi.

157