Liga Indonesia

Ambil Lisensi A AFC, Bima Sakti Tinggalkan Timnas U-19

Senin, 19 Februari 2018 11:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Bima Sakti Copyright: © INDOSPORT
Bima Sakti

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Bima Sakti, tidak terlihat hadir pada latihan hari kedua, Senin (19/02/18) di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta. Rupanya dirinya sedang berhalangan hadir hingga beberapa hari ke depan karena sedang mengambil lisensi A kepelatihan di Sawangan, Depok. Untuk itu latihan pagi ini dipimpin langsung oleh Luis Milla bersama dua asistennya, Miguel Gandia dan Eduardo Perez. 

Bima Sakti sebelumnya telah menjelaskan jika program dan menu latihan untuk Timnas U-19 telah disusun dan akan dilanjutkan tiga rekannya asal Spanyol itu. Dirinya mengatakan akan mengikuti kursus lisensi A AFC di Sawangan, pada 19 Februari hingga 5 Maret 2018.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTAsisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti.

"Iya saya akan ambil lisensi A dan program untuk Timnas U-19 sudah kita susun nanti tinggal dilanjutkan coach Miguel dan Eduardo," ucap Bima.

Dalam pemusatan latihan perdana Timnas U-19 di tahun 2018 ini, Bima Sakti menyertakan pemain baru seperti Aji Kusuma dari Bali United U-19 dan Todd Rivaldo Albert Ferre yang musim lalu mengantarkan Persipura juara Liga U-19. Mereka akan bersama-sama berlatih dalam sepekan ke depan hingga 25 Februari mendatang dan juga sekali menjalani uji coba dengan Barito Putera pada 24 Februari mendatang.

© pssi.org
Timnas U-19 Copyright: pssi.orgTimnas U-19

Selain dua pemain baru, ada juga wajah baru di skuat pelatih Timnas U-19. Salah satu mantan pemain Persija Jakarta, Mukti Ali Raja, terlihat hadir di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Rupanya ia ditunjuk dan diberikan tugas menjadi pelatih untuk posisi penjaga gawang.

Bima Sakti mengatakan ia ingin menciptakan suasana baru di Timnas U-19, sekaligus memberikan kesempatan bagi pelatih muda untuk berkarya di sepakbola nasional khususnya di ranah Timnas Indonesia. Mukti Ali Raja diharapkan bisa menularkan semangat dan pengalamannya bagi pemain muda karena di masa jayanya ia sempat berkostum Skuat Garuda.

"Kita ingin ada pelatih muda, kemudian suatu saat misalnya ada halangan dari kiper yang ada misalnya cedera atau apa dia bisa bantu. Apalagi dia sudah lisensi juga dan mantan pemain timnas juga," urai Bima Sakti mengenai kehadiran Mukti Ali Raja.ya.

167