Bola Internasional

Donnarumma Memiliki Masa Depan Paling Menjanjikan di Eropa

Senin, 19 Februari 2018 21:08 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Gianluigi Donnarumma resmi perpanjang kontrak bersama AC Milan hingga 2021 mendatang. Copyright: © Getty Images
Gianluigi Donnarumma resmi perpanjang kontrak bersama AC Milan hingga 2021 mendatang.

Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, disebut memiliki prospek karier di masa depan yang sangat menjanjikan dibandingkan para pesepa bola Eropa yang berusia di bawah 20 tahun.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, berdasarkan hasil observasi CIES Football Observatory, Donnarumma berada di posisi puncak pemain muda yang paling memiliki prospek, menyusul kiper Toulouse, Alban Lafont, dan striker PSG Kylian Mbappe.

Hasil yang dikeluarkan CIES ini berdasar analisis penampilan para pemain di liga domestik yang terakumulasi selama dua tahun terakhir. Para pemain kemudian diberikan rating bintang yang akan menjadi indikator seberapa besar kemungkinan mereka mengembangkan diri di kancah sepak bola Eropa.

© twitter
Gianluigi Donnarumma, Kiper AC Milan Copyright: twitterGianluigi Donnarumma, Kiper AC Milan

Selain ketiga pesebakbola di atas, pemain sayap Borussia Dortmund berusia 19 tahun, Christian Pulisic, berada di peringkat keempat. Selanjutnya gelandang Everton Tom Davies menduduki peringkat ketujuh dan Ryan Sessegnon dari Fulham berada di posisi ke-10. Terdapat total 50 orang yang masuk dalam daftar bergengsi ini.

Nama-nama lainnya yang masuk di daftar adalah pemain Leeds, Ronaldo Vieira di peringkat 20 serta bek Manchester United, Timothy Fosu-Mensah, yang sementara dipinjamkan ke Crystal Palace, berada di peraingkat 32.

Donnarumma memang telah meneguhkan posisinya sebagai kiper utama Milan pada umurya yang ke 16 tahun pada bulan Oktober 2015. 19 bulan kemudian, penampilan Donnarumma berhasil menarik minat klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Ia bahkan disebut-sebut sebagai pengganti  Gianluigi Buffon untuk membela timnas Italia.

Senada dengan Donnarumma, Lafont adalah kiper termuda di liga Perancis dan  memulai debutnya bersama di Toulouse pada bulan November 2015, sebulan setelah Donnarumma bermain untuk Milan. Kiper yang lahir di Burkina Faso ini menciptakan 11 clean sheet dalam satu tahun terakhir di liga.

Sementara Mbappe berhasil tampil memukau bersama Monaco. Bersama PSG, ia berhasil mencetak 15 gol dalam 29 penampilannya. Ia juga dipercaya bermain 10 kali untuk tim nasional Prancis.

187