Bola Internasional

Guardiola Mengaku Hampir Bergabung dengan Wigan Semasa Menjadi Pemain

Senin, 19 Februari 2018 13:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Pep Guardiola, pelatih Manchester City Copyright: © Getty Images
Pep Guardiola, pelatih Manchester City

Pelatih Manchester City, Joseph Guardiola, mengisahkan dirinya sempat hampir bergabung dengan salah satu klub liga Inggris saat masih bermain dahulu. Klub yang dimaksud adalah klub kasta kedua Inggris, Wigan Athletic

Guardiola menungkapkan ini jelang pertandingan hidup dan mati antara tim asuhannya, Manchester City, menghadapi Wigan Athletics di babak kelima Piala FA, Selasa (20/02/18) dini hari nanti.

Wigan yang saat ini dilatih oleh Paul Jewell, kala itu beraksi Liga Primer sedangkan Guardiola yang sedang berada di usia pertengahan 30 tahun tengah mencari tantangan terakhir dalam karir suksesnya. Ia sempat melakukan pembicataan dengan pelatih Manchester City kala itu, Stuart Pearce, namun Guardiola menyatakan tidak ada kesepakatan yang terwujud karena ia dianggap tidak memenuhi standar.

Pria berkebangsaan Spanyol itu menceritakan tentang usaha Paul Jewell untuk mengajaknya bergabung dengan Wigan, “Dia mencoba mengontrak saya ketika saya masih bermain, bertahun-tahun yang lalu.”

“Saya tidak cukup baik!” tegasnya dilansir dari laman Independent.

©
Pep Guardiola ketika berhasil memberikan gelar juara La Liga di tahun pertamanya bersama Barcelona. Copyright: Pep Guardiola ketika berhasil memberikan gelar juara La Liga di tahun pertamanya bersama Barcelona.

“Inilah kebenarannya, saya sudah tua, benar-benar tua sebagai pemain sepak bola. Saya mengetuk pintu, saya mencoba datang ke sini untuk bermain di sepakbola Inggris sebagai pemain tapi saya tidak mampu,” ujar pria berusia 47 tahun itu.

“Hal yang sama terjadi di Manchester City ketika saya datang ke sini dengan Stuart Pearce. Mereka pintar tak merekrut saya.”

Sejak saat itu Guardiola dan Wigan telah mengambil jalan berbeda. Setelah sempat bergabung dengan klub Qatar, Guardiola akhirnya masuk jajaran kepelatihan Barcelona dan sukes bersama Blaugrana sementara Wigan terseok-seok sampai terdegradasi ke Sky Bet League One. 

211