Liga Indonesia

Masih di Bawah Umur, Gelandang Timnas U-19 Ini Akui 'Dibajak' Klub Liga 1

Rabu, 21 Februari 2018 19:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© DOK. TOULON TOURNAMENT
Witan Sulaiman (kiri) saat melawan Skotlandia. Copyright: © DOK. TOULON TOURNAMENT
Witan Sulaiman (kiri) saat melawan Skotlandia.

Gelandang belia Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaiman adalah salah satu pemain potensial karena skill yang mumpuni. Hal itu pula membuatnya masuk ke Skuat Garuda Nusantara meski umurnya masih sangat muda yakni 16 tahun. Bahkan potensi pesepakbola asal Sulawesi Tengah itu menarik perhatian klub kasta teratas Liga Indonesia yang disebut sudah mengajukan tawaran untuk membajak Witan dari PPLP Ragunan, Jakarta.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Witan usai mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Rabu (21/02/18). Sayangnya ia masih merahasiakan identitas klub yang menginginkan jasanya dan beralasan masih fokus untuk memyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) terlebih dahulu.

"Alhamdullillah ada klub dari Liga 1, tapi saya belum bisa kasih tahu. Soalnya saya masih sekolah," ujar Witan.

Selama menjalani pemusatan bersama Timnas Indonesia U-19 selama empat hari, Witan menjelaskan jika tim pelatih meminta para pemain disiplin dan fokus dalam hal pengusaan bola lantaran mereka diberikan target besar untuk juara Piala AFC atau Asia U-19 pada Oktober nanti, apalagi Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

"Latihan kami seperti menguasai bola dan main dengan gawang kecil. Pelatih juga mengintruksikan kami agar jangan cepat kehilangan bola. Apalagi di Piala Asia nanti yang pasti ditargetkan untuk juara," tutur pemain asal Palu itu.

© Istimewa
Witan Sulaiman selebrasi. Copyright: IstimewaWitan Sulaiman selebrasi.

Selain klub Indonesia, Witan sebumnya sudah masuk proyeksi untuk dipromosikan bermain di Eropa. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta menjelaskan kalau agen Egy Mualana Vikri, Dusan Bogdanovic juga tertarik dengan pemain Timnas U-19 itu.

"Nama lain yang akan dipromosikan adalah Witan Sulaiman. Dia (Witan) memang belum terpantau klub-klub Eropa tetapi Mr. Dusan sangat tertarik dengan potensinya," tutup Raden Isnanta kepada INDOSPORT.

61