Liga Indonesia

Cara Unik Timnas U-19 Motivasi Muhammad Riyandi yang Tengah Cedera

Jumat, 23 Februari 2018 12:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi, saat ini dilaporkan masih menjalani terapi untuk penyembuhan cedera yang dialami pada Piala AFF U-18 2017 lalu. Bahkan untuk mempercepat proses pemulihan Riyandi, tim pelatih Skuat Garuda Nusantara tetap membawanya dalam pemusatan latihan pekan ini.

Asisten pelatih Timnas U-19, Mukti Ali Raja, menjelaskan jika Riyandi memang turut dibawa serta atau tepatnya diundang ke hotel tempat tim menginap di Jakarta. Tim pelatih beralasan hal itu penting dilakukan untuk memotivasi dan membangkitkan semangat kiper muda Barito Putera itu agar cepat pulih.

Sayangnya, Riyandi belum visa mengikuti latihan dan dipulangkan terlebih dahulu agar bisa konsentrasi melanjutkan terapi. Meski demikian, Mukti Ali Raja, mengungkapkan jika Riyandi cukup antusias walau hanya sebentar berada di antara rekan-rekannya.

"Kemarin Riyandi kita minta datang, dia ada di hotel juga ketemu teman-temannya. Memang sengaja kita lakukan itu biar dia semakin termotivasi untuk cepat pulih. Tapi tidak lama, dia harus balik lagi untuk jalani terapi," jelasnya.

© instagram/m.riyandi_1
Kiper Timnas U-19, Muhammad Riyandi. Copyright: instagram/m.riyandi_1Kiper Timnas U-19, Muhammad Riyandi.

Mukti Ali Raja juga tak menutup kemungkinan bagi Riyandi untuk kembali ke Timnas U-19 jika sydah benar-benar pulih. Hal itu tidak diragukan karena pemain kelahiran Bogor, Jawa Barat itu sebelumnya memang pilihan utama di Skuat Garuda Nusantara ketika dilatih Indra Sjafri.

"Tentu saja, peluang untuk kembali tetap terbuka. Tapi kan saat ini dia harus fokus untuk pulih terlebih dahulu. Setelahnya dia juga harus perlahan kembalikan performanya," tutup pelatih kiper Timnas U-19 itu.

Kondisi Muhammad Riyandi memang dikabarkan terus mengalami perubahan pasca operasi pada akhir 2017 lalu. Penjaga gawang 18 tahun itu terakhir dilaporkan sudah bisa berjalan dengan menggunakan alat bantu. Kabar itu dikonfirmasi oleh Dokter Timnas U-19, Ifran Akhmad yang menjelaskan kalau Riyandi sudah bisa menggerakan kakinya dan berjalan menggunakan kruk atau tongkat penyangga.

"Iya, dia (Riyandi) sudah bisa jalan pakai tongkat," ujar Ifran Akhmad saat dihubungi INDOSPORT.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETMuhammad Riyandi

Sebagai informasi, Riyandi mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) dan Tear Meniscus (Right) pada Piala AFF U-18 September lalu di Myanmar. Saat ini, semua pembiayaan terkait operasi dan pemulihannya sudah ditanggung oleh PSSI. 
 

360