Liga Inggris

Liverpool 4-1 West Ham: The Kop Kudeta Man United

Sabtu, 24 Februari 2018 23:51 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Roberto Firmino. Copyright: © Getty Images
Roberto Firmino.

Babak Pertama

Liverpool langsung tancap gas sejak awal laga. Tiga menit babak pertama berjalan, Mohamed Salah langsung membuat peluang. Namun tendangannya memanfaatkan umpan Firmino masih bisa digagalkan kiper West Ham. 

Empat menit berselang, giliran bek termahal Liverpool, Virgil van Dijk yang membuat peluang. Umpan James Milner memberikan umpan matang yang berhasil disambut van Dijk. Namun sundulannya masih bisa diamankan. 

© INDOSPORT
Emre Can berselebrasi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang West Ham United. Copyright: INDOSPORTEmre Can berselebrasi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang West Ham United.

Anak asuh David Moyes akhirnya balik mengancam di menit ke-15 dan 16. Namun upaya Marko Arnautovic dan Pablo Zabaleta masih belum membuahkan hasil. Menit ke-19 giliran Sadio mane mengancam. Namun sundulannya masih terlalu tinggi diatas gawang. 

Manuel Lanzini sempat hampir merepotkan lini belakang Liverpool. Namun tendangannya di menit ke-27 masih bisa diamankan Karius. Dua menit berselang, Liverpool akhirnya mampu memecah kebuntuan. Memanfaatkan umpan sepak pojok Salah, Emre Can menyundul bola yang menusuk pojok gawang West Ham dan membawa Liverpool unggul 1-0. 

Tiga menit usai gol pertama, Emre Can dan Salah kembali membuat peluang bagi Liverpool. Tapi upaya dua pemain itu belum bisa menambah selisih gol di laga ini. 

Sempat diwarnai beberapa pelanggaran, namun tak ada peluang berarti hingga peluit panjang babak pertama ditiup. Skor sementara masih 1-0 untuk keunggulan Liverpool. 

© INDOSPORT
Selebrasi Mohamed Salah seteah membobol gawang West Ham United. Copyright: INDOSPORTSelebrasi Mohamed Salah seteah membobol gawang West Ham United.

Babak Kedua

Di babak kedua, Liverpool masih mempertahankan tempo permainan mereka. Hasilnya terlihat pada menit ke-51. Alex Oxlade-Chamberlain yang jatuh bangun melewati penjagaan pemain West Ham, memberikan bola kepada Mohamed Salah. 

Salah yang berhasil merangsek ke kotak penalti, melepaskan tendangan mendatar ke pojok gawang yang dijaga Adrian. Untuk sementara Liverpool unggul 2-0. 

Chamberlain sendiri sempat membuat peluang di menit ke-56. Memanfaatkan umpan Alexander-Arnold, tendangan Chamberlain masih melebar meskipun tipis. Dua menit berselang Sadio Mane melepaskan tendangan yang masih bisa diamankan penjaga gawang lawan. 

Semenit berselang, gol ketiga Liverpool akhirnya tercipta. Roberto Firmino dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong yang ditinggal Adrian. Umpan lambung diberikan Emre Can setelah berhasil merebut bola dari penguasaan pemain West Ham. 

Dua menit berselang, tim tamu berhasil memperkecil kedudukan. Michail Antonio yang baru masuk semenit menggantikan Lanzini, langsung mampu mencatatkan nama di papan skor. Lewat skema sekarang balik, Antonio berhasil membobol gawang Karius. 

Usai gol balasan dari West Ham, kedua tim sempat bergantian menciptakan peluang di pertengahan babak kedua. Sampai akhirnya di menit ke-77 Sadio Mane kembali menjauhkan keunggulan Liverpool. 

Firmino yang mendapat bola dari James Milner, merangsek ke pertahanan West Ham lalu memberikan sodoran ke kotak penalti. Sadio Mane berhasil menempatkan bola tersebut ke gawang sambil menghindari hadangan Adrian. 

Meski sejumlah peluang tercipta, namun hingga tiga menit perpanjangan waktu babak kedua, kedua tim tak berhasil menambah gol. Liverpool menang 4-1 atas West Ham, dan untuk sementara menampati posisi kedua klasemen sementara menggeser Manchester United. 

Berikut ini susunan pemain kedua tim:

Liverpool 4-3-3

Karius; Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson; Chamberlain, Emre Can, Milner; Salah, Firmino, Mane. 

Pelatih: Jurgen Klopp

West Ham United 3-4-2-1

Adrian; Cresswell, Ogbonna, Collins; Evra, Noble, Kouyate, Zabaleta; Lanzini, Mario; Arnautovic. 

Pelatih: David Moyes

1.3K