Liga Inggris

Meski Dalam Tekanan, Firmino Tetap Tampil Impresif

Sabtu, 24 Februari 2018 11:15 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Firmino usai mencetak gol ke gawang Huddersfield Town. Copyright: © Getty Images
Firmino usai mencetak gol ke gawang Huddersfield Town.

Pelatih Jurgen Klopp mengaku kagum dengan apa yang diperlihatkan Roberto Firmino dalam beberapa pekan terakhir. Dirinya terkesan dengan sikap Firmino yang tetap tampil fantastis di bawah tekanan.

Karena sebelumnya Firmino tengah diselidiki Asosioasi Sepakbola Inggris (FA) terkait insiden keributannya dengan Mason Holgate. Insiden itu terjadi ketika Liverpool dengan Everton dipertemukan dalam lanjutan Piala FA pada awal Januari lalu.

© Getty Images
Roberto Firmino terlibat insiden dengan Holgate. Copyright: Getty ImagesRoberto Firmino terlibat insiden dengan Holgate.

Firmino dilaporkan berbicara kasar dan berbau rasisme kepada bek muda Everton tersebut. Namun investigasi FA tidak menemukan bukti bahwa pemain asal Brasil tersebut melakukan tindakan seperti yang dilaporkan. FA pun memutuskan bahwa Firmino tidak bersalah.

Klopp mengetahui bahwa tekanan itu akan sangat sulit bagi pesepakbola. Karena menurut mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut, tindakan rasisme benar-benar serius dan harus berhati-hati dalam mengucapkannya.

© INDOSPORT
Jurgen Klopp menunjukan wajah cerah menang atas Leicester City dengan skor 2-1. Copyright: INDOSPORTJurgen Klopp menunjukan wajah cerah.

"Saya tidak pernah meragukannya, tapi saya hanya berpikir bahwa jika saya dalam situasi seperti itu, yang berlangsung selama 47 hari, maka akan sulit bagi saya untuk menghadapinya. Jujur, karena itulah saya bilang saya sangat bangga dengan Roberto dengan bagaimana dia menghadapinya. Sekarang hal itu dilakukan, semuanya bagus,” ujarnya, dikutip dari Soccerway.

Firmino sendiri telah mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan terkahir yang ia mainkan setelah laga Derby Merseyside kemarin. Klopp pun tak heran dengan hasil itu, mengingat sang pemain memiliki ambisi besar untuk bekerja keras.

"Dia adalah pesepakbola murni, dia ingin bermain dan bekerja. Untuk satu sesi di Marbella (tempat latihan Liverpool) saya membawanya keluar dan berkata, 'terima kasih' karena dia tidak beristirahat. Dia adalah pesepakbola dan dia merasa yang terbaik saat dia berada di lapangan, mudah-mudahan tetap seperti ini," tutupnya.

266