Liga Inggris

Pelatih Jerman Jadi Favorit Petinggi Arsenal untuk Gantikan Wenger

Senin, 5 Maret 2018 18:47 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low.

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low menjadi favorit para petinggi Arsenal untuk menggantikan posisi Arsene Wenger pada akhir musim Juni mendatang.

Menurut laporan Dailymail, jika para pemimpin Emirates menginginkan pelatih yang berhasil membawa Jerman memenangkan Piala Dunia 2014, mereka harus melalui negosiasi yang sulit dengan federasi sepakbola setempat.

Apalagi Low, diketahui memiliki kontrak hingga Juni tahun 2020 dan membuatnya meninggalkan tim bukanlah hal yang mudah dan murah. Pemegang saham mayoritas Gunners, Stan Kroenke, bisa saja langsung memecat Wenger meskipun telah banyak desakan yang memintanya untuk mengundurkan diri.

© INDOSPORT
Pelatih Timnas Jerman, Joachim Low. Copyright: INDOSPORTPelatih Timnas Jerman, Joachim Low.

Penolakan atas Wenger bukan tanpa sebab. Arsenal telah dipermalukan 3-0 oleh Manchester City dalam dua kali laga. Dan secara realistis, satu-satunya harapan mereka untuk masuk ke Liga Champions adalah memenangkan Liga Europa.

Manajamen Arsenal rupanya sangat serius untuk membenahi performa para pemainnya. Proses mendapatkan Low langsung dipimpin langsung oleh sang CEO, Ivan Gazidis.  Ia dibantu oleh kepala bagian rekrutmen Sven Mislintat, kepala bagian hubungan sepakbola, Raul Sanllehi serta negosiator kontrak Huss Fahmy.

Nasib Wenger kini berada di ujung tanduk setelah hampir semua petinggi Arsenal menginginkan dia segara pergi dari Emirates.

Low sendiri belum pernah menangani klub sejak tahun 2004 dan ia membangun kariernya di bidang sepakbola nasional.

Dulu, selama masih melatih klub ia berhasil meraih dua piala yakni  Piala Jerman bersama Stuttgart pada 1997 dan Liga Austria pada tahun 2002 bersama Tirol Innsbruck.

Ia terbilang sukses dalam menangani Timnas Jerman. Selain memenangi Piala Dunia 2014, ia juga turut andil ketika Jerman berada pada posisi ketiga di Afrika Selatan pada 2010, runner-up di Euro 2008 dan semifinalis di Euro 2012 dan 2016.

160