Liga Italia

Demi Astori, Fiorentina dan Cagliari Pensiunkan Nomor 13

Rabu, 7 Maret 2018 03:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Davide Astori (Fiorentina). Copyright: © Getty Images
Davide Astori (Fiorentina).

Dunia sepakbola beberapa hari berduka oleh meninggalnya kapten Fiorentina, Davide Astori saat tidur di hotel jelang pertandingan menghadapi Udinese, Minggu (04/03/18).

Kejadian yang begitu mengejutkan tersebut jelas mengundang banyak simpati khususnya dalam lingkup sepakbola Italia tempat pria 31 tahun tersebut menghabiskan karier. Selain seluruh laga ditunda pasca berpulangnya jebolan tim primavera AC Milan tersebut, penghormatan luar biasa juga diberikan oleh klub tempat Astori bermain kini, Fiorentina.

Senin, 6 Maret 2018, La Viola membuat pernyataan resmi akan mempensiunkan nomor punggung 13 yang selama ini dipakai kaptennya tersebut. Bahkan klub asuhan Stefano Pioli itu juga memberikan perpanjangan kontrak, sekalipun pemainnya tersebut telah berpulang untuk selamanya.

"Dia seharusnya menandatangani kontrak baru Kamis lalu. Dengan perpanjangan itu dirinya kemungkin anakan menutup karier di sini. Namun karena cuaca buruk, kami menunda hingga Senin. Saya sangat terpukul," kata presiden Fiorentina Andrea Della Valle, dilansir AS.

Selain Fiorentina, klub asal Italia lainnya Cagliari juga ikut mempensiunkan nomor punggung 13. Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Karena di klub asal Sardinia tersebut nama Astori mulai dikenal publik sepakbola. Dirinya enam tahun berseragam biru merah khas Cagliari sejak 2008-2014 sebelum akhirnya hijrah ke AS Roma.

"Seragam ini akan selalu menjadi milik kamu," tulis Fiorentina melalui akun Twitter resminya.

162