Bola Internasional

Eks Penyerang PSM Makassar dan Real Madrid Gabung Klub MLS

Sabtu, 26 Desember 2020 16:37 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Eero Markkanen saat membela PSM Makassar di AFC Cup 2019 lalu. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Eero Markkanen saat membela PSM Makassar di AFC Cup 2019 lalu.

INDOSPORT.COM - Eks penyerang PSM Makassar dan Real Madrid, Eero Markkanen, baru saja menandatangani kontrak untuk bergabung ke klub kasta kedua Major League Soccer (MLS), Orange County SC.

Orange County SC secara resmi memperkenalkan pemilik 17 caps dan satu gol untuk Timnas Finlandia ini sebagai rekrutan anyar untuk mengarungi musim 2020 pada Jumat (25/12/20) pagi waktu setempat.

"Kami sangat gembira menyambut Eero yang merupakan rekrutan besar bagi klub dan fans," ungkap Presiden Orange County SC, Oliver Wyss, dikutip dari laman resmi klub.

Sebelum bergabung ke klub kasta kedua MLS, Markkanen memperkuat klub kampung halamannya, FC Haka, pada musim 2020. Dari 25 penampilan baik di Liga maupun Piala Finlandia, 7 gol dan 2 assist berhasil dibuatnya.

Bahkan, penyerang bertubuh jangkung 197 cm ini menjadi top skor FC Haka pada musim 2020 bersanding bersama tandemnya, Salomo Ojala, yang sama-sama mencetak 7 gol dari 25 kali mentas.

Dengan performa seperti itu dan pengalaman bersama Real Madrid Castilla selama satu musim serta Timnas Finlandia, membuat Presiden klub Orange County SC tidak ragu untuk merekrut Markkanen.

"Kehadiran dan pengalaman dominan Eero dengan Timnas FInlandia dan Real Madrid akan memberikan pengaruh signifikan pada kami, baik di dalam dan luar lapangan," tutur Oliver Wyss lagi.

Eero Markkanen sempat memperkuat PSM Makassar sejak Januari hingga September 2019 silam. Ia sukses membukukan 11 gol dari 15 penampilan di tiga kompetisi berbeda.

Penyerang berusia 29 tahun ini pun, sukses mempersembahkan trofi Piala Indonesia 2018/19 untuk klub berjuluk Pasukan Ramang sebelum pulang kampung ke Finlandia.

"Saya sangat senang bergabung dengan Orange County SC dan menantikan musim depan. Tidak sabar lagi bertemu dengan rekan satu tim dan mulai bekerja," tutur Markkanen.

Orange County SC merupakan klub profesional ke-12 yang dibela oleh Eero Markkanen. Adapun Real Madrid merupakan klub kelima sedangkan PSM Makassar menjadi yang ke-10.