x

Ini Rekam Jejak Wasit Australia yang Beri Vietnam Penalti Kontroversial

Sabtu, 3 Desember 2016 19:52 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Menit ke-16 babak pertama Indonesia vs Vietnam, wasit asal Australia, Jarred Gillet menunjuk titik putih. Memberikan penalti kontroversial kepada Vietnam, wasit berusia 31 tahun ini menganggap Benny Wahyudi melakukan pelanggaran kepada pemain Vietnam. 

Namun dari tayangan ulang, tidak ada body contac yang dilakukan Benny Wahyudi kepada pemain Vietnam. Sontak saja hal ini membuat Gillet menjadi bahan bully sejumlah suporter Timnas di dunia maya. 

Bagaimana sebenarnya rekam jejak Gillet selama jadi wasit di Australia? 

Gillet tercatat merupakan salah satu wasit di liga utama Australia, A League. Selama menjadi wasit di A League, Gillet seperti dilansir dari Soccerway memang salah satu wasit yang doyan mengeluarkan kartu kuning. 

Dari tiga laga terakhir yang ia pimpin di A League, Gillet tercatat telah mengeluarkan 14 kartu kuning dan 1 kartu merah. 

Gillet juga tercatat sempat mendapat protes keras dari pelatih klub A League, Tony Popovich. Popovich yang melatih klub Western Sydney Wanderers memprotes banyak keputusan Gillet di laga timnya melawan Sydney FC pada Oktober 2016 lalu. 

"Saya tetap konsiten dengan komentar saya sebelumnya bahwa tidak pelanggaran yang dilakukan oleh pemain saya, keputusannya banyak yang aneh," kata Popovich yang akhirnya mendapat hukuman dari federasi sepakbola Australia seperti dilansir theworldgame.sbs.com.au

Pada pertandingan itu, klub Popovich menyerah dengan skor telak 0-4. Gillet memberi tiga kartu kuning dan satu kartu merah kepada pemain Western Sydney Wanderers, serta hanya memberi satu kartu kuning kepada pemain Sydney FC. 

AustraliaPiala AFF 2016VietnamTimnas IndonesiaJarred Gillett

Berita Terkini