x

3 Anak Gawang yang Pernah Meraih Trofi Piala Dunia

Senin, 25 Juni 2018 09:23 WIB
Editor: Isman Fadil
Fabio Cannavaro, Philipp Lahm dan Manuel Neuer

Ball boy atau anak gawang merupakan salah satu elemen penting dalam pertandingan sepakbola. Tugas ball boy adalah mengambil bola saat keluar lapangan.

Meski dianggap sebelah mata, pekerjaan ini dianggap sebagai pekerjaan mulia lantaran sangat membantu agar pertandingan tak terlalu banyak menghabiskan waktu.

Tapi, tahukah Anda jika banyak pesepakbola top yang mengawali karier sebagai anak gawang?

Bahkan, di antara mereka banyak yang bermain di klub-klub top dan membawa negaranya meraih trofi Piala Dunia. Berikut INDOSPORT merangkum 3 pemain yang mengawali karier sebagai ball boy dan telah meraih trofi Piala Dunia.

Baca Juga

1. 1. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro saat mengangkat trofi Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Siapa sangka kalau Fabio Cannavaro pernah jadi anak gawang di Napoli? Mantan kapten yang membawa Italia juara Piala Dunia 2006 itu menjadi anak gawang di pertandingan European Cup (sekarang Liga Champions) antara Napoli melawan Real Madrid pada tahun 1987.

"Saya pernah menjadi anak gawang di laga besar Napoli kontra Real Madrid pada September 1987," katanya, seperti disitat Tribalfootball.

"Kami kalah di 2-0 di leg pertama. (Tapi di leg kedua) Gol Giovanni Francini telah menggebrak seluruh penonton yang berada di dalam stadion, tetapi Emilio Butragueno membalasnya untuk menyamakan skor," sambungnya, yang mana akirnya Napoli kalah agregat 3-1.

"Ketika beberapa tahun kemudian, saya bertemu Butragueno sebagai direktur Real Madrid, saya mengatakan padanya, 'Anda membuat saya menangis sebagai anak kecil, bersama dengan 90,000 pendukung (Napoli) lainnya," tandasnya.


2. 2. Philipp Lahm

Caption

Mantan pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini pernah berjasa membawa Jerman menjadi kampiun Piala Dunia 2014. Namun sebelum menjadi pesepakbola profesional, Lahm pernah mencicipi tugas sebagai pemungut bola untuk Bayern Munchen di Olympic Stadium.


3. 3. Manuel Neuer

Selebrasi Manuel Neuer.

Sama seperti Lahm, Manuel Neuer merupakan pemain Timnas Jerman yang meraih gelar Piala Dunia 2014. Pemain yang berposisi sebagai kiper ini pernah menjadi vall boy pada pertandingan final Liga Champions, ketika FC Porto mengalahkan AS Monaco pada tahun 2004.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Philipp LahmPiala DuniaManuel NeuerFabio CannavaroPiala Dunia 2018ballboyBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini