x

Padati Ibu Kota Jakarta, Ini Perbandingan Jumlah Jakmania dengan Peserta Reuni 212

Sabtu, 15 Desember 2018 13:02 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Ridi Fadhilah Khan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Aksi Pemain Persija di konvoi Juara Liga 1 2018

INDOSPORT.COM- Tepat pada hari, Sabtu (15/12/18), ribuan pendukung dari klub sepak bola Persija Jakarta, The Jakmania berbondong-bondong memadati pusat Ibukota Jakarta untuk merayakan keberhasilan Macan Kemayoran yang berhasil merengkuh trofi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018.

Diketahui INDOSPORT yang berada di lapangan, sebanyak 150 ribu The Jakmania telah memadati beberapa area-area yang menjadi rute dari perjalanan konvoi ini. 

Baca Juga

Mulai dari area Gelora Bung Karno (GBK) tempat dimulainya konvoi ini, hingga Balai Kota DKI Jakarta, telah dipenuhi oleh ribuan pendukuung yang sudah dikenal loyal terhadap Persija sejak pagi hari, walau konvoinya sendiri baru dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Karena telah membludaknya jumlah massa dari The Jakmania yang hadir, pihak kepolisian pun sampai harus mengerahkan 70 ribu personelnya, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Walau begitu, diyakini masih terdapat ratusan atau ribuan orang lainnya yang masih belum terdata, dan telah bersiap memadati pesta yang telah dinanti-nantikan 17 tahun lamanya.

Baca Juga

Tentu saja hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri Persija dan The Jakmania, mengingat Jakarta jarang sekali dipenuhi oleh ribuan penggemar sepak bola.

Terakhir kali Ibu Kota Indonesia ini dipenuhi oleh ribuan massa, kala reuni 212 terjadi beberapa minggu terakhir.


1. Jakmania dan Perserta Reuni 212, Siapa yang Lebih Banyak?

Aksi jutaan umat Islam saat aksi Super Damai 212 di kawasan Monas, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2016.

Berdasarkan data yang dikemukakan oleh pihak panitia konvoi Persija, diketahui sekitar 150 ribu orang lebih The Jakmania telah memadati Jakarta sejak pagi hari, mulai dari GBK hingga Balai Kota DKI Jakarta.

Walau begitu, jumlah massa yang hadir dalam aksi ini tidaklah mengejutkan bila dibandingkan dengan jumlah massa reuni 212 beberapa minggu yang lalu.

Baca Juga

Tercatat terdapat tiga versi jumlah massa reuni 212 ini. Berdasarkan data yang dikeluarkan Tirto, sebanyak 700 ribu orang diketahui mengikuti aksi reuni tersebut.

Sedangkan menurut Polda Metro Jaya jumlah perserta 212 beberapa waktu yang lalu hanya mencapai 100 ribu jiwa saja.

"100 ribu," tulis Argo Yuwono, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi dikutip dari Tagar.id.

Baca Juga

Menariknya, menurut data yang dikemukakan oleh Ketua Panitia Reuni Mujahid 212, Bernard Abdul Jabar tercatat ada 8 juta jiwa penduduk yang hadir dalam aksi yang berpusat di Monumen Nasional (Monas) itu.

Terus Ikuti Update Sepak bola Nasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaThe JakmaniaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini