x

Beni Oktovianto Mengesankan, Saatnya Persib Bandung Bertumpu Pada Penyerang Lokal?

Senin, 20 Januari 2020 16:09 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT. COM - Beni Oktovianto sepertinya bisa menjadi alasan tepat bagi Persib Bandung, untuk bertumpu pada penyerang lokal, dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

Pentas Liga 1 2020 akan segera dimulai. Demi membangun kekuatan yang lebih mumpuni, Persib Bandung menggelar laga uji coba kontra tim-tim asal Asia Tenggara.

Laga uji coba pertama, Persib Bandung menjajal kekuatan tim Liga Malaysia, Selangor FA. Bertanding di Shah Alam Stadium pada Sabtu (18/01/20) lalu, Persib Bandung harus menyerah dengan skor telak 0-3.

Baca Juga

Sehari kemudian, Persib Bandung kembali bertanding di Shah Alam Stadium, tapi jumpa lawan yang berbeda. Skuat besutan Robert Rene Alberts bertarung melawan klub asal Vietnam, Hanoi FC, dan menang 2-0.

Kemenangan Persib Bandung atas Hanoi FC sejatinya tak diraih dalam waktu 90 menit normal. Akibat hujan deras serta lapangan yang tergenang air, pertandingan harus diakhiri di babak pertama saja.

Selain soal hujan deras tadi, ada satu catatan menarik yang mencuat dalam laga melawan Hanoi FC. Pemain anyar Persib Bandung, Beni Oktovianto, mencuri perhatian lantaran sukses mencetak gol perdananya.

Beni Okto mencetak golnya saat laga memasuki menit ke-38. Mendapatkan umpan direct dari lini kedua, Beni Okto dengan tenang mengecoh bek lawan, sekaligus melepaskan sepakan kaki kiri yang menghujam jala gawang Hanoi FC.


Peluang Beni Oktovianto Jadi Tumpuan Persib

Pemain anyar Persib Bandung, Beni Oktovianto bersama staf pelatih Persib Bandung.

Saat awal kedatangannya, mungkin banyak pendukung Persib Bandung yang meragukan kualitas Beni Oktovianto. Maklum saja, saat Bobotoh menginginkan nama top untuk direkrut, manajemen Persib Bandung malah mendatangkan Beni Oktovianto, yang notabene merupakan penyerang dari Liga 2.

Beni Okto sendiri tampak sama sekali tak gentar melihat respon yang ditunjukkan Bobotoh. Gabung tim sebesar Persib Bandung, Beni Okto mengaku jauh lebih termotivasi meningkatkan kemampuan dan membuktikan kualitas dirinya.

"Bagi saya Persib klub besar. Tak pernah terbayang untuk gabung ke sini. Tapi saya tidak ciut dengan ekspektasi Bobotoh, malah ini memberikan saya motivasi dan membuktikan diri," ucap Beni Okto dilansir dari laman resmi Persib Bandung.

Baca Juga

Sampailah tiba dalam laga uji coba Persib Bandung melawan Hanoi FC. Beni Okto sukses mencetak gol dengan cara yang spesial, sekaligus membungkam mulut-mulut yang sempat meragukannya.

Bahkan, Beni Okto mendapatkan pujian langsung dari pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Menurut Robert Alberts, laga kontra Hanoi FC begitu menunjukkan potensi Beni Okto sebagai calon penyerang lokal hebat.

"Saya mengucapkan selamat kepada pemain khususnya untuk Beni tentunya karena dia baru di tim," kata Robert Alberts seusai pertandingan.

"Dia datang dari Liga 2 dan saya tahu dia punya potensi, hari ini dia menunjukkan itu dan mencetak gol yang bagus, itu yang semua orang mau ketika berada di depan gawang," lanjutnya.

Berkaca dari penampilan gemilang Beni Okto itu, Persib Bandung mungkin layak mencobanya sebagai tumpuan tim musim depan. Apalagi, situasi terkini Persib Bandung memang kesulitan menemukan penyerang asing berkualitas.

Ezechiel N'Douassel yang musim lalu mencetak 15 gol, sudah menyatakan niatnya untuk hengkang dari Persib Bandung. Nama Ezechiel pun kabarnya juga sedang dikejar oleh beberapa tim top Liga 1 2020, seperti Arema FC dan Bhayangkara FC.

Sementara, dua penyerang asal Brasil yang tengah trial, Wander Luiz dan Joel Vinicius, penampilannya tak kunjung memuaskan. Keduanya mendapat kritikan lantaran tampil melempem saat Persib Bandung kalah 0-3 dari Selangor FA.

Robert Alberts turut menilai, kedua penyerang Brasil yang dimilikinya belum mampu padu dengan strategi tim. Lebih lanjut, Robert menuturkan bahwa Wander dan Joel tampak kurang bisa terlibat dalam permainan.

"Hari ini mereka memang agak kurang saling memahami, terutama dalam kombinasi saat menyerang, mereka belum terlalu terlibat dengan yang lain," kata Robert Alberts seusai pertandingan kontra Selangor FA.

Andai Beni Okto yang dipilih sebagai penyerang utama, Persib Bandung bakal mendapatkan ruang lebih untuk mencari pemain asing hebat di posisi lainnya. Hal itu jelas menguntungkan Persib Bandung yang mungkin akan memiliki kekuatan lebih merata.

Ferdinand Sinaga (Persib Bandung)

Toh, Persib Bandung pernah pula berjaya bersama penyerang lokal. Liga Super Indonesia 2014, Persib Bandung berhasil meraih titel juara saat mengandalkan penyerang lokal, Ferdinand Sinaga.

Jauh sebelum Ferdinand Sinaga, Persib Bandung sempat pula memiliki penyerang lokal top yang kini menjadi legenda tim, yakni Zaenal Arif. Kalau diingat lagi, kiprah Zainal Arif dulu bersama Persib Bandung, sampai membuatnya bisa terpanggil ke skuat Timnas Indonesia.

Sekarang tinggal dinanti saja, apakah Beni Okto benar akan menjadi tumpuan utama Persib Bandung di Liga 1 2020 mendatang? Ataukah Persib Bandung bakal mencari penyerang asing lagi yang kualitasnya lebih hebat dari Beni Okto? Biar waktu yang menjawabnya.

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Beni Oktovianto

Berita Terkini