x

Apa Kabar Cafu? Bek Sayap Legendaris AC Milan Peraih 2 Gelar Piala Dunia

Rabu, 19 Februari 2020 16:53 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Marcos Cafu, bek sayap legendaris AC Milan ini terkenal akan prestasinya yang pernah meraih dua gelar Piala Dunia. Apa kabar Cafu kini?

INDOSPORT. COM - Marcos Cafu, bek sayap legendaris AC Milan ini terkenal akan prestasinya yang pernah meraih dua gelar Piala Dunia. Apa kabar Cafu kini?

Cafu memulai karier sepak bola bersama klub tanah kelahirannya di Liga Brasil, Sao Paulo. Setelah menimba ilmu bersama tim level U-17, Cafu akhirnya promosi ke skuat senior Sao Paulo pada 1988.

Karier Cafu bersama Sao Paulo hanya bertahan sampai 1995. Cafu kemudian berkelana ke beberapa klub, mulai dari Real Zaragoza (Spanyol), Juventude (Brasil), dan Palmeiras (Brasil).

Baca Juga

Momen yang mungkin mengubah jalan karier Cafu terjadi pada 1997. Klub top Serie A Italia, AS Roma, memutuskan untuk memboyong Cafu dengan mahar 7,6 juta euro.

Karier Cafu terus berkembang pesat selama berkostum AS Roma. Bahkan Cafu mampu mengantarkan AS Roma menjuarai Serie A Italia musim 2000/01.

Dua tahun pasca membawa Roma juara, Cafu memutuskan hijrah ke klub Serie A Italia lainnya, AC Milan. Cafu bermain di AC Milan hingga 2008, dengan catatan prestasi gelar Serie A Italia 2003/04 dan Liga Champions 2006/07.

Baca Juga

Cafu sendiri akhirnya gantung sepatu pada tahun 2009. Ia pensiun usai membela klub kasta bawah Liga Inggris, Garfoth Town.

Kegemilangan karier Cafu sebenarnya bukan hanya di level klub saja. Cafu juga meraih kesuksesan serupa bersama negaranya, Timnas Brasil, dalam ajang internasional.

Buktinya, Cafu sukses membawa timnas Brasil dua kali menjuarai Piala Dunia, yakni 1994 dan 2002. Makin manis, pada edisi 2002, Cafu adalah kapten yang memimpin sekaligus mengangkat trofi Piala Dunia skuat Timnas Brasil.

Terhitung sejak pertama kali pensiun, berarti Cafu sudah menghilang dari arena lapangan hijau selama kurang lebih 11 tahun. Namun, apakah Cafu kini benar-benar meninggalkan sepak bola, atau masih berkecimpung di dunia yang sama?

Cafu ternyata belum bisa lepas dari sepak bola, meski saat ini telah gantung sepatu. Buktinya, Cafu belakangan sedang terlibat dalam proyek Piala Dunia 2022 Qatar.

Seperti dikutip dari situs Qatar2022, Cafu ditunjuk FIFA untuk memegang jabatan sebagai ambassador dari Piala Dunia 2022. Peran Cafu diberikan tugas untuk memberikan ilmu dan pelatihan kepada pihak-pihak tertentu, tentang cara membuat event olahraga secara profesional.

Kalau dilihat melalui akun Instagram pribadinya, Cafu beberapa kali ikut masih terlihat aktif bermain sepak bola. Entah laga persahabatan para legenda, atau hanya sekedar bermain bersama rekan-rekannya, yang pasti Cafu tetap menjalankan sepak bola di masa pensiunnya.

AC MilanMarcos CafuBola InternasionalApa Kabar

Berita Terkini