x

Jika Hadapi Timnas Indonesia, Kegemilangan Sadio Mane Akan Sirna?

Sabtu, 7 Maret 2020 13:36 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Memainkan permainan melawan Timnas Indonesia nyatanya bisa saja membuat performa Sadio Mane menurun di masa mendatang.

INDOSPORT.COM – PSSI berencana mengundang Senegal untuk menghadapi Timnas Indonesia pertandingan uji coba bertajuk FIFA match day.

Kabarnya, keputusan itu diambil agar Timnas Indonesia bisa memperbaiki posisinya di ranking FIFA. Mengingat, peringkat Skuat Garuda saat ini masih berada di posisi ke-173.

Timnas Indonesia harus melakukan gebrakan untuk bisa mendongkrak peringkatnya di FIFA. Salah satu caranya adalah menantang Senegal dalam agenda FIFA match day.

FIFA nantinya akan memberikan poin berlimpah kepada Timnas Indonesia, jika mereka berhasil imbang atau bahkan menang dengan tim yang posisinya jauh di atas mereka.

Baca Juga

Saat ini Senegal berada di peringkat ke-20 dalam ranking FIFA (per 20 Februari 2020). Artinya, Timnas Indonesia bisa mendapatkan poin berlimpah, bahkan jika hanya bermain imbang.

Rencana pertandingan uji coba FIFA match day antara Timnas Indonesia vs Senegal ini pun sempat mengejutkan media Malaysia, Vocketfc.

"Andai Senegal benar-benar menjadi lawan Indonesia, ini akan menjadi sebuah perlawanan yang menarik dan menjadi tumpuan peminat sepak bola di Asia," tulisnya.

Senegal sendiri tentunya bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan, mengingat mereka punya beberapa pemain bintang kelas dunia seperti Kalidou Koulibaly hingga Sadio Mane.

Akan tetapi, memainkan permainan melawan Timnas Indonesia nyatanya bisa saja membuat performa Sadio Mane menurun di masa mendatang.

Itu berdasarkan apa yang dialami oleh mantan bintang Liverpool, Philippe Coutinho. Seperti yang diketahui, Coutinho pernah menaklukkan Timnas Indonesia dan Indonesia Selection beberapa tahun lalu.

Baca Juga

Sekedar mengingatkan kembali, Coutinho berhasil mencetak gol di setiap pertandingannya. Coutinho pertama kali datang ke Indonesia sebagai pemain Inter Milan untuk menghadapi Timnas Indonesia asuhan Nilmaizar.

Coutinho saat bermain melawan Timnas Indonesia.

Pemain yang saat ini membela Barcelona tersebut mampu mencetak dua gol ke gawang Timnas Indonesia. Inter Milan pun akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.

Setelah hijrah ke Liverpool, Coutinho kembali menyambangi Indonesia. Ia pun kembali mencetak gol dalam kemenangan Liverpool (2-0). Satu gol lainnya dicetak Raheem Sterling.

Memang bukan hal yang mengejutkan melihat Coutinho gemilang ketika datang ke Indonesia. Mengingat, saat itu dirinya masih berada dalam performa apik.

Akan tetapi, performa Coutinho tiba-tiba sirna begitu saja setelah hijrah ke Barcelona beberapa waktu lalu. Padahal pada musim sebelumnya, ia menjadi tumpuan di lini tengah Liverpool.

Bahkan saat ini Barcelona membuang Coutinho ke Bayern Munchen dengan status pinjaman. Penurunan performa drastis itu bahkan membuatnya tak bisa mendapatkan tempat di skuat utama Barcelona.

Entah apa yang membuat performa Coutinho menurun drastis. Namun hal ini tentunya tidak diinginkan oleh para pemain sepak bola professional, termasuk Sadio Mane.

Sadio Mane, yang saat ini menjadi bintang Liverpool, pun tentunya diharapkan agar tidak mengalami penurunan performa, seperti yang dialami Coutinho beberapa tahun setelah bersinar di Indonesia.

LiverpoolFIFAPhilippe CoutinhoSadio ManeTimnas IndonesiaSenegalBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini