x

Tampil di Piala AFC, Dokter PSM Punya Kiat Jaga Pluim Cs dari Virus Corona

Sabtu, 7 Maret 2020 11:19 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Dokter tim PSM Makassar, Hardiansyah Muslimin, mempunyai cara tersendiri untuk menjaga Willjan Pluim cs. dari serangan virus corona. Terlebih lagi, ia harus bekerja keras sebab Pasukan Ramang bakal sering bermain ke luar negeri.

Sebagaimana diketahui, virus corona yang bermula di China semakin merebak ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, Hardiansyah Muslimin menjadi sosok yang paling bertanggung jawab di PSM untuk menangkal wabah tersebut.

Arga, sapaan akrab Hardiansyah Muslimin, setidaknya sudah berhasil melewati ujian pertama kala PSM bertandang ke Singapura melawan Tampines Rovers diajang Piala AFC 2020. Saat itu, virus corona sedang hangat-hangatnya menyerang negara Asia Tenggara.

Baca Juga

Namun, tanggung jawab Arga akan di uji lagi saat PSM berlaga ke Filipina dan Myanmar diajang Piala AFC 2020. Selain itu, Willjan Pluim dkk. juga akan memainkan sejumlah laga di Jakarta yang disebut sudah ada beberapa kasus COVID-19, nama lain virus corona.

"Kalau untuk sekarang, apa yang saya lakukan hampir sama saat tandang ke Singapura dulu. Paling utama, pemain dianjurkan menjaga kesehatan untuk tetap dalam kondisi fit," ungkap Arga kepada INDOSPORT.com, Jumat (06/03/20).

Alumni Universitas Hasanuddin ini pun mengaku sangat mengontrol pola makan Willjan Pluim dkk. selama ini. Arga selalu menyuplai vitamin dan meminta para pemain PSM untuk mengutamakan mengonsumsi makanan yang bergizi.

"Saya juga selalu menjaga kebersihan pemain dan penginapan. Pemain harus mencuci tangan dan membersihkan diri jika habis bepergian atau melakukan kontak dengan orang-orang sekitar," jelas Arga yang telah menjadi dokter PSM sejak musim 2016.

"Pemain juga harus memakai masker setiap kali bepergian dan selalu ada pengecekan suhu tubuh pemain minimal sekali sehari di hotel. Jadi pada dasarnya, pemain yang dibawa memang kondisinya fit 100 persen," tandas Arga.

Baca Juga

Sekadar informasi, PSM Makassar akan berlaga ke Filipina melawan Kaya FC pada 15 April 2020. Kemudian, pada 12 Mei 2020, Pasukan Ramang akan bertandang ke Myanmar untuk melawan Shan United diajang penyisihan grup H Piala AFC 2020.

PSM MakassarBola InternasionalLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala AFC 2020Virus Corona

Berita Terkini