x

Profil Klub Liga 2 2020: Persewar Waropen, Impian Mencetak Sejarah Baru

Rabu, 11 Maret 2020 20:05 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
Logo klub Liga 2, Persewar waropen.

INDOSPORT.COM - Salah satu kontestan Liga 2 2020 dari Tanah Papua, Persewar Waropen, bakal kembali mengejar mimpi untuk bisa melampaui sejarah klub di kompetisi sepak bola kasta kedua Indonesia.

Sejak jauh hari, Persewar telah melakukan persiapan panjang dengan berbagai menu latihan, meningkatkan daya tahan fisik, dan menentukan pemain-pemain terbaik selama pemusatan latihan di Kota Jayapura.

Baca Juga

Bahkan, manajemen Persewar Waropen kembali mendatangkan sejumlah wajah baru untuk menambah amunisi mereka demi mewujudkan target mereka musim ini.

"Manajemen saat ini telah menandatangani seluruh kontrak pemain yang mencapai 30 orang," ujar Ketua Umum Yeremias Bisay melalui Asisten Manager Persewar, Efraim Y Wambrauw, di Jayapura, Selasa (10/3/20). 

"Dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini, mulai dari seleksi hingga menetapkan pemain manajemen memberikan dukungan penuh terhadap proses secara profesional tanpa mengintervensi," cetusnya.

Persewar ingin melampaui pencapaian terbaik di kompetisi Liga 2. Musim lalu, saat masih ditukangi Carolino Ivakdalam, mereka sanggup menembus babak 8 Besar setelah sukses menduduki posisi runner-up Wilayah Timur.

Kini, di tangan Elie Aiboy yang notabene asisten pelatih musim lalu, Persewar Waropen berharap bisa menggapai impian, yakni mencetak lolos ke kompetisi kasta tertinggi, Liga 1.

"Manajemen berharap pemain bisa fokus, berusaha, serta menjaga kadar  kedisiplinan dalam setiap latihan maupun pertandingan yang akan datang. Tim ini harus bisa berusaha lebih baik lagi,” jelas Efraim.

Klub yang baru terbentuk pada 2005 silam itu akan mengawali kiprah di Liga 2 2020 dengan menjamu klub asal Jawa Timur, Putra Sinar Giri (PSG) Gresik, pada 16 Maret mendatang.

Baca Juga

Persewar akan berada di fase grup Wilayah Timur bersama Kalteng Putra, Martapura FC, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persijap Jepara, Persis Solo, PSCS Cilacap, Putra Sinar Giri, Persigo Semeru, Sulut United, dan PSBS Biak.

Skuat Persewar Waropen untuk Liga 2 2020 (per 11 Maret 2020): 

Barep Wahyudi Arip Wibowo, Bernardus Dirk Kasse, Tonny Wanggober, Victor Pae, Izaac Wanggai, Andreas Karundeng, Fardiansyah, Evander Yarangga, Alex Awom, Andreas Karlos Geddy, Elfis Harewan, Rudi Kurni, Frans Kayame, Afui Fernando Kurni, Jebril Fonataba, Andrias Alex Kayoi, Daud Kararbo, Marcel Kararbo, Tonny Rumatrai, Ronald Toumahuw, Melianus Maker, Frengki Worabai, Yance Duwiri, Ismail Welem Buinei, Jefri Bisai, Gusti Kurni, Dolfinus Rumboisano, Manfred Dogopia, Yansen Rifurariani, Hengky Erari, Metu Sala Aronggear, Alsafat Jagani, Carlos Sanggenafa.


1. Pelatih: Elie Aiboy

Pelatih Persewar Waropen, Elie Aiboy, memberikan keterangan pers menjelang laga Liga 2.

Musim lalu, Elie Aiboy ditunjuk menggantikan asisten pelatih terdahulu, Christian Worabai. Dia bertugas mendampingi sang pelatih kepala yang juga seniornya di Persipura Jayapura semasa bermain, yakni Carolino Ivakdalam.

Gayung bersambut, Elie yang di akhir fase grup musim lalu berperan ganda di bench pemain karena sanksi yang diterima Ino Ivakdalam, ternyata mampu membawa Persewar melaju mulus hingga babak 8 besar.

Sepeninggal Ino Ivakdalam yang memilih mundur dari kursinya, Elie Aiboy ditunjuk manajemen sebagai suksesor untuk menangani Persewar di musim ini.

Meski belum memastikan posisi para pemainnya dan formasi baku, mantan bintang timnas Indonesia ini mengaku akan tetap mengusung gaya sepak bola menyerang dan pressing ketat.

"Kami terus memperdalam latihan pressing dan juga penyerangan untuk bisa meraih poin di kandang nanti. Laga perdana di Liga 2 akan sangat ditunggu-tunggu suporter. Pekan pertama bermain di kandang, kami tentu mencoba bermain all out demi mengejar kemenangan," ujar Elie Aiboy.

Bintang: Victor Pae

Victor Pae saat masih membela Borneo FC.

Victor Pae masih menjadi salah satu andalan Persewar Waropen di Liga 2 2020. Adik kandung bek sayap Persipura, Yustinus Pae, ini bergabung sejak musim lalu dan kini bertindak sebagai kapten tim.

Meski dikenal sebagai bek yang berkarakter keras dan kerap bermain kasar, pemain berusia 34 tahun ini memiliki segudang pengalaman yang bisa memberikan pengaruh positif bagi timnya.

Victor tercatat pernah memperkuat sembilan klub berbeda dan sempat melanglang buana dengan memperkuat sejumlah klub Liga 1, mulai dari Persipura, Persija Jakarta, Borneo FC, hingga Persela Lamongan. 

Baca Juga

Tak hanya banyak mengecap garam di kompetisi kasta tertinggi Liga 1, Victor Pae juga pernah menembus skuat timnas Indonesia senior dalam ajang Piala AFF 2014.

Pengalamannya menjadi modal bagus bagi Persewar Waropen menjelang kompetisi Liga 2 2020. Itu yang menjadi salah satu alasan Elie Aiboy masih mempertahankan bek asal Jayapura itu di skuat Persewar musim ini.

Persipura JayapuraLiga IndonesiaElie AiboyLiga 2Bola IndonesiaPersewar WaropenYustinus PaeBerita Liga 2

Berita Terkini