x

Kabar Thom Haye, Calon Gelandang Timnas Indonesia Berdarah Belanda yang Alami Penurunan

Minggu, 22 Maret 2020 14:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Berikut kabar terkini dari Thom Haye, salah satu calon gelandang Timnas Indonesia berdarah Belanda yang sekarang mengalami penurunan karier.

INDOSPORT.COM - Berikut kabar terkini Thom Haye, salah satu calon gelandang Timnas Indonesia berdarah Belanda yang sekarang mengalami penurunan karir.

Thom Haye merupakan pesepakbola Eropa yang memiliki darah Indonesia, ia mendapat garis keturunan Tanah Air dari kakek dan neneknya, namun Haye sendiri lahir di Amsterdam, Belanda.

“Nenek saya berasal dari Sulawesi sedangkan kakek lahir di Solo. Saya pernah sekali mengunjungi Indonesia di Bali dan sangat menyukai tempat itu,” cerita Thom Haye kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Baca Juga
Baca Juga

Meski tidak lahir di kampung halaman kakek dan neneknya, Thom Haye rupanya pernah mengunjungi Indonesia dan sangat menyukainya. Bahkan ia sudah merencanakan untuk datang ke kampung halaman neneknya.

Memiliki darah Indonesia, Thom Haye punya peluang besar untuk bergabung dengan skuat Garuda bahkan pada tahun 2017 silam, namanya masuk dalam daftar 24 pemain Eropa yang dipantau PSSI.

Thom Haye pun tampak terbuka dengan segala panggilan Timnas, termasuk dari PSSI jika memintanya untuk berseragam Merah-Putih, namun sayang hingga sekarang sang pemain belum mendapat undangan pemusatan latihan.

"Untuk saat ini saya membuka semua kesempatan, tapi masih belum pernah mendapat tawaran untuk membela Timnas Indonesia dan saya juga belum bisa memutuskannya,” jawabnya.

Karier Thom Haye sendiri saat ini bagai roller coaster, setelah sempat menghantarkan Lecce promosi ke Serie A 2018 lalu, kini ia kembali terlempar ke divisi dua Liga Belanda dengan memperkuat NAC Breda.

Sempat hijrah ke ADO Den Haag di Eredivisie, namun Thom Haye gagal unjuk gigi dengan hanya mencatat sembilan penampilan dan sekali starting tanpa sumbangan gol ataupun assist.

Baca Juga
Baca Juga

Penampilan yang kurang memuaskan tersebut, membuat tim melepas Haye ke NAC Breda dengan status pinjaman pada awal 2020 ini.

Bersama NEC Breda dirinya mulai mendapat kepercayaan dan jam bermain, total ada delapan pertandingan yang telah ia jalani sebelum jeda Corona di kasta kedua Liga Belanda.

Buruknya peforma Thom Haye juga membuat market valuenya menurun, tercatat saat bersama AZ Alkmaar tahun 2015 lalu, harga Haye bisa menembus angka 1,5 juta euro. Sementara di tahun 2020 ini, nilainya menurun drastis menjadi 500 ribu euro atau setara dengan Rp. 8 miliar.

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalLiga BelandaSepak BolaThom Haye

Berita Terkini